TangerangNews.com

Prakiraan Musim Kemarau dari BMKG, Tangerang Mulai di Awal Mei

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 15 Maret 2023 | 13:52 | Dibaca : 582


Ilustrasi Musim Kemarau. (Istimewa / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) wilayah dua merilis prakiraan musim kemarau untuk 2023.

Prakiraan ini meliputi seluruh wilayah di Provinsi Banten, termasuk Tangerang yang tidak luput dari datangnya kemarau.

Melalui akun Instagram resminya di @bmkgwilayah2, prakiraan kemarau telah dimulai sejak Maret 2023 yang melanda wilayah Kota Serang dan Kabupaten Serang.

Lalu, kondisi kemarau tersebut berlanjut di bulan April dengan hanya melanda wilayah dari Kabupaten Serang bagian Selatan dan bagian Tengah.

Kemarau di bulan Mei 2023 lebih banyak menyasar ke berbagai wilayah mulai dari Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), serta Kabupaten Tangerang bagian Utara dan Tenggara.

Kemudian, kondisi kemarau masih terjadi hingga Juni 2023 dengan mencakup wilayah Tangerang hanya di Kabupaten Tangerang bagian Selatan.

Sementara itu, Kota Tangsel, Kota Tangerang bagian Selatan, dan Kabupaten Tangerang bagian Tenggara masuk dalam kategori kemarau bawah normal.

Sedangkan, Kabupaten Tangerang bagian Selatan berada dalam kategori normal. Untuk kategori atas normal melanda wilayah Kabupaten Tangerang bagian Utara dan Kota Tangerang bagian Utara.

Jika dibandingkan dengan prakiraan rata-rata musim kemarau sejak 1991 sampai 2020, maka Kota Tangsel, Kabupaten Tangerang bagian Tenggara, Kota Tangerang bagian Selatan dikategorikan maju. Namun, sebagian besar Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang bagian Utara masuk dalam kategori mundur.

Adapun BMKG menyebut, puncak kondisi kemarau ini diprakirakan baru akan berakhir pada Agustus 2023.