TangerangNews.com

Baznas Kota Tangerang Targetkan Perolehan Zakat Fitrah 2023 Sebesar Rp11 Miliar

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 4 April 2023 | 15:39 | Dibaca : 299


Wakil Ketua 2 Baznas Kota Tangerang Dani Budianto Saragih (@TangerangNews / Istimewa )


TANGERANGNEWS.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menargetkan jumlah perolehan zakat fitrah 2023 sebesar Rp11 miliar.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua 2 Baznas Kota Tangerang Dani Budianto Saragih berdasarkan jumlah RT yang ada di Kota Tangerang.

"Karena ada 5.120 RT di Kota Tangerang kalau dikali Rp45 ribu itu muncul angkanya Rp11 miliar," ujar Dani dalam acara layanan zakat serentak di Masjid Raya Al-Azhom, Senin 3 April 2023 lalu.

Dani mengimbau agar masyarakat lebih mengutamakan untuk membayar zakat, baik zakat fitrah maupun zakat mal dan profesi menggunakan uang tunai.

"Tapi kita tetap mengajak ini (membayar zakat) dengan uang diutamakan, karena nanti zakat yang dikumpulkan ini akan kami kembalikan ke masyarakat," katanya.

Lanjutnya, pihak Baznas hanya memerlukan data mustahik dari sekitar 10 orang yang dananya akan diterima oleh bagian pengumpulan lalu disetorkan. 

Sedangkan, bagian penyalur langsung membayar pada saat menyerahkan buku kupon zakat fitrah seperti dikutip dari Tangerang TV, Selasa 4 April 2023.

"Tahun ini kita buat mekanisme sedemikian rupa, mudah-mudahan membantu mempercepat penyaluran zakat fitrah kita," imbuhnya.

Ia menyebut hal itu sesuai dengan keinginan dari Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah untuk menggembirakan dan mensejahterakan masyarakat yang membutuhkan dalam menyambut Idul Fitri.

"Setelah itu nanti akan kita pikirkan lagi dari zakat mal atau program-program apa yang cocok untuk mustahik masyarakat kita yang di bawah, duafa terutama," pungkasnya.