TangerangNews.com

Sepeda Motor di Graha Raya Tangsel Terbakar, Ini Sebabnya

Fahrul Dwi Putra | Jumat, 5 Mei 2023 | 10:09 | Dibaca : 347


Satu unit sepeda motor terbakar di Jalan Boulevard Graha Raya, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangsel (@TangerangNews / Istimewa )


TANGERANGNEWS.com- Satu unit sepeda motor terbakar di Jalan Boulevard Graha Raya, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), tepatnya di sekitar perbatasan dengan Kota Tangerang, pada Jumat, 5 Mei 2023, sekira pukul 06.00 WIB.

Dalam unggahan akun Instagram @tangsel.info, tampak kobaran api melahap satu unit sepeda motor tersebut. Namun, belum diketahui penyebab pasti dari terbakarnya kendaraan roda dua itu.

Meski begitu, ada beberapa penyebab yang umumnya dapat menimbulkan kebakaran pada kendaraan sepeda motor. Berikut beberapa di antaranya:

Korsleting Listrik

Korsleting listrik adalah penyebab paling umum dari kebakaran pada sepeda motor. Ini terjadi ketika arus listrik mengalir melalui kabel yang rusak atau terkelupas, dan menyebabkan panas berlebih di dalam kabel tersebut, hingga akhirnya terbakar.

Kelebihan Bahan Bakar

Jika mesin sepeda motor terlalu banyak menghasilkan bahan bakar, terutama bila mesin itu rusak atau sudah berumur, maka bahan bakar berlebih yang tidak terbakar tersebut dapat merembes ke area panas, seperti knalpot atau mesin, dan memicu kebakaran.

Masalah Pada Sistem Pendingin Mesin 

Jika sistem pendingin mesin tidak berfungsi dengan baik, mesin akan menjadi panas berlebihan, dan bisa menimbulkan kebakaran jika terlalu lama dibiarkan.

Kebocoran Bahan Bakar

Kebocoran bahan bakar dari tangki atau selang bahan bakar juga bisa menjadi penyebab kebakaran pada sepeda motor. Bahan bakar yang tumpah atau rembes ke area yang panas dapat memicu kebakaran.

Kerusakan Komponen Listrik 

Kerusakan pada komponen listrik seperti regulator, stator, atau sistem pengapian, dapat menyebabkan sepeda motor terbakar sendiri.

Kesalahan Manusia

Kesalahan manusia seperti menyalakan rokok di sekitar sepeda motor yang bocor bahan bakar atau terkena benda yang dapat menyebabkan gesekan bisa menjadi salah satu faktor penyebab kebakaran.

Kebakaran pada sepeda motor bisa sangat berbahaya dan merusak, maka dari itu penting untuk selalu melakukan perawatan dan inspeksi rutin pada sepeda motor, terutama pada sistem listrik dan mesin, serta menghindari perilaku yang berbahaya seperti merokok atau menggunakan bahan bakar yang salah.