TangerangNews.com

Sandiaga Uno Duga Kecelakaan Bus Masuk Sungai di Guci Tegal Ada Unsur Kelalaian

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 9 Mei 2023 | 13:14 | Dibaca : 207


Sandiaga Uno. (@TangerangNews / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com- Peristiwa kecelakaan bus masuk jurang yang membawa rombongan jemaah dari Tangerang Selatan (Tangsel) turut dikomentari oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno menuturkan, insiden itu semestinya dapat dihindari jika saja pihak-pihak yang berkaitan menerapkan standard operating procedure (SOP) yang disiplin, sehingga ada dugaan unsur kelalaian dalam peristiwa tersebut.

"Musibah ini harusnya bisa dihindari jika kita memiliki prosedur yang secara disiplin, tersosialisasi dengan baik dan dipatuhi oleh para penyelenggara kegiatan transportasi dan fasilitas pariwisata dan ekonomi kreatif," ujarnya dikutip dari tempo.co pada Selasa, 9 Mei 2023.

Sebelumnya, bus pariwisata berwarna merah tersebut terjun bebas ke arah sungai di kawasan Wisata Guci, Kabupaten Tegal, pada Minggu, 7 Mei 2023, lalu. Bus yang tengah terparkir tiba-tiba meluncur hingga menyebabkan puluhan penumpang luka-luka dan dua orang dikabarkan meninggal dunia.

Menparekraf juga menyoroti sopir yang meninggalkan bus untuk meminum kopi. Padahal, saat itu bus masih dalam keadaan mesin menyala.

"Kami naik bus pariwisata di sana (luar negeri) itu selalu sopir selalu ada di dalam bus dan dia tidak akan meninggalkan bus kalau misalnya belum kosong busnya, misalnya standar seperti itu yang diterapkan," katanya.

Untuk itu, Sandi telah mengerahkan staf ahli manajemen krisis agar berkoordinasi dan melakukan sosialisasi lintas lembaga dan pemerintah daerah (pemda) terkait penerapan SOP guna mencegah terulangnya kejadian serupa.

"Jangan sampai ini terulang kembali, apalagi untuk kecelakaan yang bisa dihindari seperti ini," ucap Sandi.

Hingga saat ini, penyebab pasti kecelakaan masih dalam tahap penyelidikan dari pihak kepolisian.