TangerangNews.com

4 Cara Jitu Membasmi Rayap dari Rak Buku

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 15 Mei 2023 | 16:27 | Dibaca : 290


Ilustrasi rak buku. (@TangerangNews / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com-Kehadiran rayap di rak buku memang akan sangat mengganggu, karena hewan kecil satu ini dapat menggerogoti buku dan dokumen sampai rusak.

Berikut beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk membasmi rayap dari rak buku:

 

1. Perhatikan Tanda Keberadaan Rayap 

Semakin cepat kamu menemukan tanda keberadaan rayap, maka semakin cepat pula kamu bisa membasminya. Salah satu tanda buku dan dokumen sudah terserang rayap adalah timbulnya noda kuning dan lubang-lubang kecil pada halaman.

 

2. Bersihkan Rak Buku

Setelah menemukan tanda keberadaan rayap, keluarkan seluruh buku dan dokumen dari rak. Lalu, bersihkan kotoran dan debu di dalam rak dengan vacuum cleaner.

Bila ada lubang atau tonjolan pada rak, siram dengan cairan antirayap dan tutup rapat. Soalnya, lubang atau tonjolan itu adalah titik masuk rayap.

 

3. Semprotkan Cairan Pembasmi Rayap

Semprotkan cairan antirayap ke seluruh bagian rak, dari depan hingga belakang buat mencegahnya datang kembali. Lalu, jemur lemari sebentar di bawah sinar matahari hingga mengering.

 

4. Jemur Buku di Bawah Sinar Matahari

Selain lemari, kamu pun juga perlu menjemur buku dalam keadaan terbuka di bawah sinar matahari selama 2-3 jam. Balik halaman buku dan dokumen sesekali agar sinar matahari mampu menjangkau seluruh halaman.

Nah, itu dia cara membasmi rayap dari rak buku. Untuk mencegah munculnya rayap, kamu bisa menyimpan buku di dalam rak besi. Sedangkan buat dokumen penting, kamu dapat menyimpannya di lemari kantor tertutup.

Tenang saja, kamu dapat membeli rak, lemari, dan tempat penyimpanan lainnya hanya di toko resmi online INFORMA melalui ruparupa.

Di sini, kamu juga bisa membeli perlengkapan rumah tangga terbaik dengan berbagai penawaran menarik. Jadi, kamu bisa belanja dengan lebih hemat.