TangerangNews.com

Program Caper Si Abah Mudahkan Catat Akta Perkawinan Pasangan Non Muslim di Kota Tangerang

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 25 Mei 2023 | 17:03 | Dibaca : 226


Ilustrasi pernikahan. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)


TANGERANGNEWS.com-Memudahkan masyarakat dalam pengurusan dokumen Akta Perkawinan, kini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang memiliki program Caper Si Abah (Catatan Perkawinan Selesai di Rumah Ibadah). 

Kepala Disdukcapil Kota Tangerang R Irman Pujahendra mengungkapkan layanan ini merupakan kerjasama Disdukcapil dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), untuk mencatatkan perkawinan bagi pasangan non muslim.

Dengan program ini, pemohon dapat menghemat tenaga karena proses akan dilaksanakan pada rumah ibadah sesuai dengan tempat berlangsungnya pernikahan. 

“Dalam hal ini, pasangan baru menikah ini tidak perlu bolak balik ke kantor Disdukcapil. Tinggal melakukan pencatatan perkawinan dari rumah ibadah tempatnya menikah," ujarnya, Kamis 25 Mei 2023.

Prosesnya, petugas rumah ibadah yang telah dilatih oleh Disdukcapil akan melakukan penginputan data melalui website Sobat Dukcapil.

Selanjutnya, data yang lengkap akan langsung diproses oleh petugas Disdukcapil, dengan maksimal waktu kerja 10 hari.

"ika ada kelengkapan yang kurang, akan ada penginformasian atau pengembalian berkas untuk lebih dulu dilengkapi. 

Setelah data lengkap, Disdukcapil, rumah ibadah dan pasangan yang bersangkutan akan melakukan penjadwalan pertemuan untuk proses pencatatan akta perkawinan.

Jika sudah selesai, untuk Kartu Keluarga dan Akta Perkawinan akan diterima secara online berupa pdf.

"Sedangkan untuk e-KTP dengan pembaharuan status dapat diambil di layanan drive thru," jelas Irman.

Menurutnya, layanan ini dibuat untuk dapat memudahkan masyarakat Kota Tangerang dalam mengurus dokumen akta perkawinan.

"Dengan ini, kami membuka sebanyak-banyaknya pintu pelayanan Dukcapil, sehingga masyarakat cukup mendaftar melalui rumah ibadah yang sudah bekerjasama untuk melakukan proses pencatatan perkawinan,” jelasnya.