TangerangNews.com

Pacific Paint Buka Pelatihan Pengecatan di BLK Cipondoh Tangerang

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 18 September 2023 | 15:51 | Dibaca : 172


Direksi Pacific Paint bersama Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah saat membuka pelatihan Rupacitra di Balai Latihan Kerja (BLK) Cipondoh, Selasa 19 September 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)


TANGERANGNEWS.com-Pacific Paint, pionir perusahaan cat di Indonesia berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Tangerang membuka program pelatihan Rupacitra di Balai Latihan Kerja (BLK) Cipondoh.

BLK Cipondoh merupakan unit pelatihan yang dibangun Pemkot Tangerang melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) untuk melatih keterampilan masyarakat sekitar, dalam mempersiapkan diri dalam memasuki dunia kerja maupun membuka usaha sendiri.

Selain itu juga serta sebagai Unit Percontohan Pelatihan bagi lembaga pelatihan lain oleh pemerintah, pihak swasta maupun perusahaan.

Irma Triana Adi S, Direktur Pacific Paint mengatakan Pacific Paint menjalin kolaborasi dengan Pemkot Tangerang dalam memberikan dukungan penuh untuk pengelolaan, serta pemberian pelatihan kepada masyarakat berupa teknik ekstensifikasi pengecatan dasar.

Program ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial atau corporate social responsibility (CSR).

"Pelatihan seperti cat motif atau cat dekoratif yang merupakan pengaplikasian cat dengan hasil yang lebih menarik dan memiliki nilai seni," katanya di BLK Cipondoh, Selasa 19 September 2023.

Rupacitra sendiri merupakan tema yang diinisiasi oleh Pacific Paint dalam mengembangkan pelatihan di BLK Cipondoh dengan sasaran utama mengangkat profesi masyarakat sekitar, baik yang sudah menjadi pekerja di bidang pengecatan ataupun yang baru menyelesaikan pendidikan formal dan akan terjun mencari pekerjaan.

Pelatih yang akan berbagi informasi, ilmu serta pengetahuannya di Rupacitra ini, berasal dari internal perusahaan maupun mitra kerja serta tenaga ahli di bidangnya. 

“Melalui berbagai program pelatihan terutama di bidang pengecatan yang menjadi spesialisasi kami, perusahaan akan memberikan pelatihan kurang lebih mendekati ratusan peserta setiap tahunnya, sehingga mereka dapat mengembangkan keterampilan serta memanfaatkan inovasi yang ada," jelas Irma.

Irma berharap melalui wadah Rupacitra ini dapat turut serta berpartisipasi dalam menurunkan angka pengangguran di Kota Tangerang, serta mengembangkan pendidikan vokasi untuk mencetak generasi muda yang terampil, berkualitas, berbudaya dan berdaya saing.

Selain pelatihan BLK, Pacific Paint juga secara resmi menyelenggarakan program kolaboratif swakelola masyarakat dengan Pemkot Tangerang untuk Kampung Beksi, di Kecamatan Batuceper.

Dalam program kolaboratif ini, Pacific Paint memberikan dukungan dan memberikan wujud keindahan warna warni baru di kampung tersebut.

Dukungan yang diberikan berupa produk cat eksterior Metrolite Weatherseal dengan jumlah hampir 2.000 liter, dipergunakan untuk mengecat rumah warga dan pengecatan mural bertema edukasi, budaya Betawi hingga keindahan alam.

Sebelumnya, Kampung Beksi merupakan sebuah kampung yang masyarakatnya hidup mandiri dengan potensi masing-masing, serta tetap melestarikan budaya Betawi terutama melalui sanggar seni atraksi beladiri Beksi Marhali. 

Suryanto Tjokrosantoso, Direktur Operasional Pacific Paint mengungkapkan Pacific Paint kini hadir di tengah masyarakat Kampung Beksi dengan tujuan agar rumah serta fasilitas pendukungnya menjadi lebih indah.

Selain itu juga memberikan pembekalan kepada masyarakat terutama program pengelolaan lingkungan, pengolahan sampah, penghijauan serta ekonomi berkelanjutan.

"Agar dapat menjadi pemicu rencana pengembangan daerah sekitarnya untuk dijadikan objek wisata,” ungkapnya.

Hasil kolaborasi di Kampung Beksi ini, kedepannya diharapkan dapat terwujud destinasi wisata tematik didukung beragam keunikan yang ditunjang dengan makanan khas wilayah setempat, sehingga wisatawan yang datang tentunya akan disajikan dengan seni budaya dan juga kuliner.

“Melalui dua kegiatan dalam program yang diselenggarakan perusahaan, diharapkan dapat mendorong pembangunan sosial, ekonomi dan lingkungan hidup karena bagi kami, setiap individu serta masyarakat memiliki potensi masing-masing, sehingga dapat membantu mereka meningkatkan perekonomian yang lebih baik,” tutup Suryanto.