TangerangNews.com

Si Bambu Resmi Diluncurkan Jadi Maskot Pilkada 2024 di Kabupaten Tangerang 

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 12 Juni 2024 | 21:38 | Dibaca : 227


Peluncuran maskot dan jingle untuk Pilkada 2024 Kabupaten Tangerang di alun-alun Tigaraksa, pada Rabu, 12 Juni 2024, malam WIB. (@TangerangNews / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang resmi meluncurkan maskot dan jingle untuk Pilkada 2024 Kabupaten Tangerang di alun-alun Tigaraksa, pada Rabu, 12 Juni 2024, malam WIB. 

Dalam acara tersebut, Si Bambu (Demokrasi Bergembira Memilih Bupati dan Wakil Bupati) diperkenalkan menjadi maskot Pilkada 2024 di Kabupaten Tangerang.

Kegiatan ini diawali dengan gerak jalan yang diikuti oleh ratusan peserta dari Kantor KPU Kabupaten Tangerang menuju alun-alun Tigaraksa, yang dilepas langsung oleh Komisioner KPU Banten, M. Ali Zaenal Abidin.

Ketua KPU Kabupaten Tangerang Muhamad Umar mengatakan, maskot Si Bambu mencerminkan semangat Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Tangerang, sehingga diharapkan semua elemen masyarakat merasakan kegembiraan dalam Pilkada serentak.

Umar menambahkan, semangat kegembiraan dapat mendorong masyarakat untuk berpartisipasi aktif, terutama pada hari pemungutan suara yang akan berlangsung pada 24 November mendatang. 

"Sesuai dengan makna filosofis Si Bambu yaitu Demokrasi Bergembira Memilih Bupati dan Wakil Bupati Tangerang," ujarnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Tangerang Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (SDM) Badri Taman menjelaskan, maskot dan jingle Pilkada 2024 di Kabupaten Tangerang dipilih melalui sayembara yang telah melalui berbagai tahapan seleksi dan penjurian, sehingga sesuai dengan situasi sosiologis di Kabupaten Tangerang.

Lanjut Badri, secara filosofis Si Bambu merepresentasikan masyarakat Kabupaten Tangerang, yang terlihat dari berbagai atribut dan ornamen khas daerah. 

Misalnya, kepala dan leher maskot berbentuk bambu dengan ujung runcing, ikat kepala dari kain batik Tangerang berwarna ungu bermotif awi koneng, serta baju pangsi sebagai pakaian tradisional.

Selain itu, terdapat Kain Batik Motif Awi Koneng, yakni karya seni batik yang mencerminkan kekayaan budaya Kabupaten Tangerang, terinspirasi oleh keindahan alam, flora, dan fauna khas daerah tersebut.

"Dengan maskot Si Bambu, kami berharap perhelatan Pilkada serentak di Kabupaten Tangerang berlangsung meriah, penuh kebahagian dengan gaung ke semua lapisan masyarakat," pungkasnya.

Sebagai tambahan, acara peluncuran maskot dan jingle Pilkada 2024 Kabupaten Tangerang dimeriahkan oleh penampilan artis ibu kota seperti Donnie (eks-Ada Band), Sigit Base Jam, Risma Aw Aw, dan Lukman Maulana, serta dipandu oleh master ceremony terkenal, antara lain Indra Bekti, Rama Purba, dan Nexa Paisan.