TangerangNews.com

Coklit Data Pemilih, KPU Kabupaten Tangerang Libatkan Tokoh dan ArtisĀ 

Redaksi | Jumat, 28 Juni 2024 | 17:56 | Dibaca : 185


Ketua KPU Kabupaten Tangerang Muhamad Umar (tengah) menggelar jumpa pers tahapan Coklit data pemilih Pilkada Kabupaten Tangerang, Jumat 28 Juni 2024. (@TangerangNews / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com - KPU Kabupaten Tangerang melibatkan sejumlah tokoh dalam melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih. Mereka diajak untuk ikut serta menyukseskan pendataan.

Ketua KPU Kabupaten Tangerang Muhamad Umar mengatakan, para tokoh ini terdiri dari tokoh agama, pemuda, politisi, aktivis sampai artis. 

"Kami meminta testimoni dan statement para tokoh dalam bentuk ajakan ke masyarakat untuk didata oleh petugas Pantarlih,"ujar Umar dalam jumpa pers yang digelar di kantor KPU Kabupaten Tangerang, Jumat 28 Juni 2024. 

Dijelaskan, Coklit sudah berlangsung sejak 24 Juni lalu oleh petugas Pantarlih. Total petugas yang diterjunkan sebanyak 8.706 orang di seluruh TPS se-Kabupaten Tangerang sebanyak 4.428 TPS. 

"Petugas pemutakhiran daftar pemilih akan mendatangi secara door to door untuk Coklit," ujarnya. 

Tokoh yang dilibatkan, kata Umar, tidak hanya tingkat nasional. Tapi juga para tokoh di tingkat daerah, kecamatan, dan desa. "Ini sudah kita lakukan bersama-sama dan akan terus berjalan. Teman-teman di lapangan juga mengajak para tokoh di wilayah," tuturnya. 

Ia berharap dengan keterlibatan para tokoh ini dapat menggaungkan Pilkada Kabupaten Tangerang khususnya tahapan pendataan pemilih. 

"Ingin menggaungkan agar partisipasi masyarakat mengetahui pentingnya daftar pemilih untuk pilkada serentak. Ayo sama-sama kita kawal," ajak Umar. 

Sebelumnya, gerakan coklit serentak sudah dilakukan di masing-masing kecamatan melalui apel. Hal ini dilakukan untuk memastifkan proses pendataan pemilih yang akan berlangsung sampai 25 Juli nanti. 

"Kita mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut serta dalam pelaksanaan Coklit untuk menghasilkan data pemilih Pilkada Kabupaten Tangerang yang berkualitas," pungkasnya.