TangerangNews.com

PLN UID Banten Sabet 3 Penghargaan Bina UMKM Award 2024

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 2 Juli 2024 | 23:45 | Dibaca : 150


PLN UID Banten meraih tiga penghargaan dalam ajang perdana Bina Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Award 2024 yang diadakan di Jakarta pada Sabtu, 29 Juni 2024, lalu. (@TangerangNews / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com-PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten berhasil meraih tiga penghargaan dalam ajang perdana Bina Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Award 2024 yang diadakan di Jakarta pada Sabtu, 29 Juni 2024, lalu.

Penghargaan yang diterima adalah dalam kategori Perusahaan Pembina (Gold), Perusahaan Pendamping (Gold), dan Program UKM (Usaha Kecil Menengah) dan IKM (Industri Kecil Menengah) Binaan (Gold).

Untuk diketahui, Bina UMKM Award 2024 memberikan penghargaan kepada perusahaan atau lembaga yang berkontribusi aktif dalam pengembangan UMKM dan IKM melalui pembinaan dan kemitraan untuk meningkatkan kelas UMKM. 

Acara ini diselenggarakan oleh CFCD Foundation dengan dukungan dari Kementerian Perindustrian serta Kementerian Koperasi dan UKM.

Dalam kesempatan itu, General Manager PLN UID Banten Abdul Mukhlis,menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas penghargaan yang diterima.

"(Penghargaan) ini menjadi penyemangat bagi kami untuk terus berupaya mengembangkan UMKM untuk memperluas lapangan kerja serta memperkuat struktur perekonomian," ujar Abdul Mukhlis.

Salah satu UMKM binaan PLN Banten yang mengikuti Bina UMKM Award 2024 adalah Rinara Batik, produsen batik khas Kota Cilegon dengan kualitas premium yang telah berdiri sejak 2011. 

Selain memproduksi kain batik, Rinara Batik bersama PLN Banten juga menjalankan program kawasan batik yang menawarkan pelatihan membuat batik secara gratis bagi masyarakat umum. Peserta pelatihan dilatih membuat batik dengan berbagai motif seperti batik cap, batik shibori, dan batik smoke khas Kota Cilegon.

Pendiri Rinara Batik Rina Rahmayanti, juga menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas penghargaan kategori Gold yang diterima dalam Bina UMKM Award 2024.

"Saya berharap Rinara Batik dapat di kenal di seluruh Indonesia, serta berkomitmen untuk terus melanjutkan program kawasan batik untuk dapat berbagi ilmu tentang cara membuat batik ke seluruh masyakarat di Kota Cilegon maupun di luar Kota Cilegon," ungkapnya.