TangerangNews.com

DRP Jakarta Angkat Streetwear Lokal Naik Kelas di JF3 2024 SMS Tangerang

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 29 Juli 2024 | 23:03 | Dibaca : 225


Konferensi pers DRP Jakarta yang digelar JF3 berkolaborasi dengan DRP Paris di Summarecon Mal Serpong Tangerang, Senin 29 Juli 2024. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)


TANGERANGNEWS.com-DRP Jakarta yang digelar Jakarta Fashion and Food Festival (JF3) berkolaborasi dengan DRP Paris di Summarecon Mal Serpong (SMS) Tangerang, tidak hanya menjadi wadah untuk brand lokal memamerkan karya streetwear fashionnya, tapi juga dapat membuka peluang ke pasar global.

Soegianto Nagaria Chairman JF3, menjelaskan sejak lama JF3 bercita-cita membawa brand lokal Indonesia bisa naik kelas ke level Internasional.

Sebab, brand lokal yang termasuk dalam kategori UMKM seringkali memiliki keterbatasan akses dan modal untuk bisa melakukan eksibisi di luar negeri.

"Jadi dengan kita membawa DRP Paris ke sini lewat event DPR Jakarta, diharapkan terjadi pertukaran budaya dan brand lokal bisa lebih terekspose lagi," ujarnya saat konferensi pers di SMS Tangerang, Senin 29 Juli 2024.

Menurut Soegi, brand-brand streetwear asal Prancis yang dihadirkan dalam event ini juga sangat berpengalaman sehingga brand lokal bisa belajar cara produksi hingga memasarkannya.

Sejumlah brand tersebut seperti Pablo T-Shirt Factory, Please Paulo Stop Cappin, dan A1 Denim serta brand streetwear dari Amerika, Barriers Worldwide.

"Ini jadi benefit bagi brand lokal. Bisa saling sharing dan membangun networking," jelasnya.

Thresia Mareta, Advisor JF3 menjelaskan event ini merupakan kesempatan yag belum pernah ada bagi brand lokal Indonesia. Tidak hanya soal penjualan, tapi juga memikirkan kelangsungan brand tersebut agar bisa bertahan lebih lama.

"Kita berusaha mengangkat budaya urban juga, karena streetwear itu berbeda dengan fashion lainnya, jaringan mereka kuat sekali. Jadi ini untuk mendukung kemajuan streetwear di Indonesia," katanya.

Thresia yang juga Founder Lakon ini juga kan memamekan koleksinya saat fashion show nanti. Tak kurang dari 30 koleksi bertema streetwear yang ia tampilkan, namun tanpa menghilangkan identitas Lakon yang kental dengan busana batik.

"Ini streetwear yang disesuaikan dengan visi Lakon. Saya berkolaborasi dengan Dudung, masetro Batik Pekalongan. Jadi mengutamakan kenyamanan tanpa melupakan etika berpakaian," terangnya.

Sementara itu, Pablo Attal pemilik Pablo T-Shirt Factory, brand streetwear asal Prancis mengaku industri streetwear di Indonesia sangat luar biasa.

Ia menilai yang membedakan Indonesia dengan Prancis yakni di sini memiliki keuntungan pada harga dan ketersediaan bahan baku.

"Di Paris bahan baku sangat mahal, harus impor. Lokal brand Indonesia punya peluang besar, karena bahan baku banyak dan lebih murah," terangnya.

Untuk diektahui, DPR Jakarta berlangsung selama 10 hari, dari tanggal 26 Juli hingga 4 Agustus 2024, di SMS Tangerang. Tidak dari 50 brand lokal dan internasional yang akan berpartisipasi

Beberapa brand Indonesia terkemuka yang ikut seperti seperti Kick Avenue, LAKON Indonesia, Kanky, Untold, Bratpack, Denimitup, Rawtyperiot, juga Control New. 

Selain itu, rasakan atmosfer yang penuh semangat muda dengan penampilan live DJ, dan penampilan fenomenal dari musisi hip-hop ternama Indonesia, yaitu Tuan Tiga Belas pada Jumat, 26 Juli 2024, pukul 19.00, Basboi pada Sabtu, 3 Agustus 2024, pukul 19.00 WIB.

Hiburan akan ditutup oleh Ramengvrl seniman “street” musik Indonesia yang telah dikenal di mancanegara pada Minggu, 4 Agustus 2024, pukul 19.00 WIB.