TangerangNews.com

Peduli Ibu Menyusui, PLN UID Banten Sediakan Ruang Laktasi untuk Pegawai 

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 30 Juli 2024 | 21:13 | Dibaca : 83


Ruang laktasi di kantor PLN UID Banten (@TangerangNews / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com- Untuk memperingati Hari Anak Nasional 2024, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten telah menyediakan ruang laktasi di kantornya. 

Langkah ini merupakan bagian dari inisiatif Kementerian BUMN untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai melalui program wellbeing, yang bertujuan menciptakan kenyamanan dan ketenangan bagi para orang tua yang bekerja.

Memberikan air susu ibu (ASI) selama enam bulan pertama merupakan hak setiap anak, dan ASI memiliki manfaat besar untuk tumbuh kembang mereka. 

ASI mengandung nilai gizi tinggi yang memberikan kekebalan terhadap berbagai penyakit, yang tidak bisa diberikan oleh susu formula.

General Manager PLN UID Banten, Abdul Mukhlis, menekankan pentingnya keamanan dan kenyamanan dalam menyediakan ruang laktasi. 

Ini bertujuan memenuhi hak dan perlindungan khusus bagi pegawai perempuan yang masih menyusui, sehingga mereka bisa tetap berkontribusi maksimal di tempat kerja sambil menjalankan peran penting dalam keluarga.

"PLN UID Banten berkomitmen menjamin kesejahteraan para srikandinya dengan menyediakan fasilitas ruangan laktasi sehingga kaum ibu dapat bekerja optimal tanpa meninggalkan tanggung jawab sebagai orang tua," ujar Abdul Mukhlis.

Ruang laktasi di PLN UID Banten dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang aman dan nyaman, seperti kulkas, freezer untuk penyimpanan ASI, alat pompa ASI, sterilizer, bantal menyusui, milk warmer, dispenser, playmat, sofa yang nyaman, musholla wanita, dan sanitasi yang bersih.

Dengan ruang laktasi yang nyaman, diharapkan para ibu dapat bekerja dengan lebih bahagia dan produktif, serta meningkatkan loyalitas mereka terhadap perusahaan. 

Pengelolaan ruang laktasi yang baik akan membantu para ibu bekerja dengan tenang tanpa khawatir akan kebutuhan ASI untuk anak mereka.

Agnesya, seorang pegawai perempuan di PLN UID Banten yang masih menyusui anaknya, menyatakan bahwa fasilitas ini sangat membantu.

"Kebersihan dan kenyamanan di dalam ruang laktasi membuat kami nyaman dan tenang dalam melakukan aktivitas di dalam ruang tersebut," pungkasnya.