TangerangNews.com

Bansos Pemkot Tangerang Cair Rp 300 Ribu, Hari Ini Dibagikan Serentak di 13 Kecamatan

Redaksi | Senin, 12 Agustus 2024 | 11:05 | Dibaca : 245


Warga menerima bantuan sosial sebesar Rp 300 ribu di Kantor Kecamatan Tangerang, Senin 12 Agustus 2024. (@TangerangNews / Redaksi )


TANGERANGNEWS.com - Pemerintah Kota Tangerang hari ini mencairkan bantuan sosial (Bansos) uang tunai sebesar Rp 300 ribu per orang kepada warga kategori masyarakat rentan, miskin, dan telantar.  

Penyerahan bansos secara simbolis dilaksanakan di Kantor Kecamatan Tangerang dengan dihadiri PJ Wali Kota Tangerang Nurdin, Kepala Dinas Sosial Mulyani serta Camat Tangerang Yudi Pradana, Senin 12 Agustus 2024.

Kepala Dinas Sosial Kota Tangerang Mulyani menyebutkan, bantuan sosial ini diberikan secara serentak di 13 kecamatan se-Kota Tangerang. Adapun total penerima bansos tunai sebanyak 2.866 keluarga penerima manfaat (KPM). 

Sasaran dari bantuan ini jelas Mulyani, meliputi lansia miskin dan telantar, anak miskin dan telantar, anak yatim, penyandang disabilitas, serta balita miskin dan telantar.

Mantan Kepala Diskominfo ini menegaskan, penerima bansos kali ini telah diverifikasi dan masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kota Tangerang. 

"Bantuan ini tidak tumpang tindih dengan program bansos dari pemerintah pusat. Kami pastikan bantuan ini tepat sasaran dan benar-benar menyentuh masyarakat yang membutuhkan," ujarnya.

Total anggaran yang disediakan oleh APBD 2024 untuk penyaluran bansos ini mencapai Rp 1,7 miliar. Bantuan ini disalurkan dalam dua tahap dalam setahun. 

"Ini merupakan tahap terakhir dari penyaluran bansos tersebut. Tahap pertama sudah di awal tahun lalu," ujarnya. 

Mulyani, menambahkan bahwa bantuan sosial ini diharapkan dapat meringankan beban ekonomi masyarakat rentan di Kota Tangerang. Terutama untuk membeli kebutuhan pokok.

"Kami akan terus memantau dan memastikan bahwa bantuan ini diterima oleh yang berhak," ungkapnya.

Hartati, salah seorang penerima bantuan sosial Pemkot Tangerang mengaku sangat terbantu. Uang sebesar Rp 300 ribu akan ia belanjakan sembako dan kebutuhan sehari-hari. 

"Alhamdulillah, dapat bantuan uang sebesar Rp 300 ribu dari Pemerintah Kota Tangerang. Insyaallah bantuan ini bermanfaat buat kami yang membutuhkan," ujarnya seraya berharap bantuan ini terus diadakan. Karena sangat membantu beban ekonomi masyarakat.