TangerangNews.com

Canggih, AI Buatan Google Ini Bisa Ajak Ngobrol Pengguna

Fahrul Dwi Putra | Kamis, 15 Agustus 2024 | 10:43 | Dibaca : 79


Ilustrasi AI (@TangerangNews / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com- Google baru saja meluncurkan Gemini Live, asisten AI yang mampu melakukan percakapan interaktif dengan pengguna, dalam acara Made by Google pada Rabu, 14 Agustus 2024.

Gemini Live pertama kali diperkenalkan pada acara I/O Mei 2024, lalu, dan kini resmi dirilis untuk menjadi asisten AI yang bisa diajak berbicara.

VP of Engineering di Google Amar Subramanya mengatakan, saat ini tidak semua pengguna dapat mengakses Gemini Live. Fitur ini hanya tersedia melalui Gemini Advanced, versi premium berbayar dari AI Google.

"Jadi, peluncurannya mungkin memerlukan waktu satu atau dua pekan untuk sepenuhnya selesai, tetapi akan tersedia di semua ponsel Android di Gemini Advanced," ujar Amar dalam sesi eksklusif Virtual Roundtable on Gemini News dikutip dari CNN Indonesia.

Pada tahap awal, Gemini Live akan mendukung percakapan dalam Bahasa Inggris, dengan rencana untuk menambahkan dukungan untuk lebih banyak bahasa dalam waktu dekat.

Hadirnya Gemini Live ini membawa kemajuan lebih lanjut dalam teknologi asisten AI. Jika sebelumnya interaksi dengan AI terbatas pada tanya jawab, kini pengguna dapat bercakap-cakap dengan AI ini secara lebih alami. 

Dalam kesempatan itu, Amar Subramanya juga memperlihatkan kemampuan ini dengan meminta Gemini Live menyapa peserta dalam sesi virtual.

"Halo semuanya. Senang sekali bisa bertemu dengan kalian, meskipun hanya melalui suara saya. Saya berharap bisa memenuhi harapan kalian dan kalian akan menikmati belajar lebih banyak tentang saya," ujar Gemini.

Amar juga beberapa kali menyela Gemini, dan AI ini segera berhenti berbicara untuk mendengarkan Amar, memperlihatkan kemampuan berinteraksi yang lebih alami.

"Interaksinya terasa lebih lancar, tidak perlu menunggu giliran bicara. Saya sering menggunakannya sebagai pelatih atau rekan untuk brainstorming," kata Amar.

Untuk saat ini, Gemini Live hanya mendukung input dan output suara, tetapi Google sedang mengembangkan dukungan visual untuk asisten AI ini. Versi awal Gemini Live menawarkan delapan opsi suara bagi pengguna.

Sementara pengguna ponsel Android dapat mengakses Gemini secara gratis. Namun, jika ingin menggunakan Gemini Advanced, pengguna harus berlangganan dengan biaya Rp309 ribu per bulan.