TangerangNews.com

PLN Pastikan Listrik untuk Upacara HUT ke-79 RI di IKN Gunakan 100 % Energi HijauĀ 

Fahrul Dwi Putra | Jumat, 16 Agustus 2024 | 14:21 | Dibaca : 79


PT PLN (Persero) siap menghadirkan listrik dari 100 persen energi hijau pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu, 17 Agustus 2024, mendatang. (@TangerangNews / Fahrul Dwi Putra)


TANGERANGNEWS.com- PT PLN (Persero) akan menyediakan listrik sepenuhnya dari energi hijau untuk upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu, 17 Agustus 2024, mendatang.

Hal ini sebagai bentuk komitmen PLN untuk mendukung pengembangan kelistrikan IKN dengan prinsip green, smart & beautiful, sejalan dengan tujuan menjadikan IKN sebagai kota yang hijau, futuristik, dan berkelanjutan.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN akan sepenuhnya berupaya mendukung acara ini dengan menyediakan pasokan listrik yang andal dari sumber energi hijau.

"PLN siap all-out dalam menghadirkan suplai listrik hijau 100 persen yang andal demi kelancaran upacara Kemerdekaan HUT RI ke-79 di IKN Nusantara," ujar Darmawan.

Darmawan menjelaskan, pasokan listrik hijau 100 persen didukung oleh Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) IKN dengan kapasitas 10 Megawatt (MW), jauh melebihi kebutuhan perayaan yang hanya sekitar 1,5 MW. Nantinya, kapasitas ini akan meningkat menjadi 50 MW pada akhir tahun 2024.

Selain itu, pasokan ini juga didukung oleh gardu induk berteknologi Gas Insulated Switchgear (GIS) 4 IKN dengan kapasitas 2x60 Mega Volt Amphere (MVA) dan jaringan transmisi sepanjang 26,03 kilometer yang telah dibangun.

"Kehadiran gardu induk ini tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan perayaan HUT RI ke-79, tetapi juga untuk memastikan ketersediaan listrik jangka panjang di IKN," tambah Darmawan.

Dalam hal distribusi, PLN telah membangun jaringan distribusi sepanjang 64 kilometer sirkit dengan dukungan Gardu Hubung dan Gardu Distribusi, serta mempercepat pembangunan jaringan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Oleh karena itu, Darmawan memastikan bahwa PLN telah menyiapkan sistem kelistrikan yang handal di lokasi utama dan pendukung upacara, sehingga HUT RI ke-79 dapat berlangsung tanpa masalah.

"Dengan persiapan matang dan komitmen yang tinggi, PLN memastikan bahwa utilitas jaringan kelistrikan di IKN akan siap mendukung berbagai kebutuhan, baik untuk perayaan penting maupun untuk masa depan," tutupnya.