TangerangNews.com

Jenazah WNI Korban Kerusuhan di Bangladesh Dipulangkan ke Semarang

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 18 Agustus 2024 | 11:25 | Dibaca : 155


Pemulangan jenazah WNI korban kerusuhan di Bangladesh, Kamis 15 Agustus 2024, lalu. (@TangerangNews / Istimewa)


TANAGERANGNEWS.com-Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dan KBRI Dhaka telah memfasilitasi pemulangan jenazah WNI berinisial DU, korban kerusuhan di Bangladesh.

Jenazah almarhum tiba di Tanah Air melalui Bandara Soekarno Hatta, Kota Tangerang, pada hari Rabu 14 Agustus 2024. Kemudian dibawa ke rumah duka di Semarang, Jawa Tengah, menggunakan ambulans.

Direktorat Pelindungan WNI Kemlu lalu menyerahkan jenazah kepada keluarga almarhum pada hari Kamis 15 Agustus 2024. Prosesi serah terima jenazah turut dihadiri segenap jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Sebelumnya, DU, usia 50 tahun berangkat ke Bangladesh pada Kamis 1 Agustus 2024, untuk melakukan pertemuan bisnis.

Tidak lama setelah ketibaannya, unjuk rasa yang berbuntut kericuhan terjadi di Bangladesh. Gelombang massa melakukan vandalisme hingga membakar hotel tempat tinggal DU.

Akibatnya DU meninggal dunia karena menghirup terlalu banyak asap.

KBRI Dhaka berkoordinasi dengan Kepolisian setempat dan pihak rumah sakit untuk penanganan jenazah. Duta Besar RI untuk Bangladesh Heru H Subolo beserta jajaran staf KBRI Dhaka turut menggelar shalat jenazah berjamaah.

Kemenlu  menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas musibah ini dan turut mendo'akan keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan ketabahan.