TangerangNews.com

Arief Sebut Putusan MK Merevisi Ambang Batas Pilkada Sesuai Suara Rakyat

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 21 Agustus 2024 | 10:13 | Dibaca : 155


Arief R Wismansyah maju menjadi Calon Gubernur Banten 2024, Senin 6 Mei 2024. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)


TANGERANGNEWS.com-Bakal calon Gubernur (Bacagub) Banten Arief R Wismansyah menyambut baik putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan sebagian gugatan yang diajukan Partai Buruh dan Partai Gelora terhadap UU Pilkada. 

Mantan Wali Kota Tangerang dua periode itu menyebut putusan tersebut sesuai dengan suara rakyat. 

"Saya rasa putusan (MK) itu merupakan keputusan yang memberikan angin segar. Kita harus memberikan apresiasi kepada MK karena sudah mendengarkan aspirasi rakyat di tengah banyaknya kekhawatiran masyarakat terkait kotak kosong, yang seolah-olah mematikan harapan dan keinginan figur-figur kepemimpinan daerah," kata Arief, Rabu 21 Agustus 2024.

Menurut Arief, dengan adanya putusan MK tersebut, dirinya sebagai Bacagub Banten tak perlu lagi mencari 20 persen dari jumlah kursi DPRD atau 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah dalam pemilihan anggota DPRD, tapi hanya perlu 7,5 persen. 

Arief menyebut berdasarkan putusan MK, untuk provinsi dengan jumlah penduduk yang termuat pada daftar pemilih tetap lebih dari 6 juta sampai 12 juta jiwa, pengusungan cagub hanya perlu suarah sah paling sedikit 7,5 persen.

"Seperti Banten ini, maka partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu hanya harus memeroleh suara sah paling sedikit 7,5 persen, sudah bisa mengusung calon gubernur dan wakil gubernur sendiri," katanya.