TangerangNews.com

Berhasil Jamin Pasokan Listrik Dalam HUT ke-79 RI, PLN Tuai Pujian Stafsus IKN hingga Wishnutama 

Fahrul Dwi Putra | Kamis, 22 Agustus 2024 | 21:23 | Dibaca : 82


Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo memantau keandalan pasokan listrik. (@TangerangNews / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com- Pasokan listrik yang andal dan ramah lingkungan dari PT PLN (Persero) dalam mendukung pelaksanaan Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN) mendapatkan pujian dari berbagai pihak.

Staf Khusus Kepala Otorita IKN Troy Pantouw menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak terkait, termasuk PLN, yang telah berkontribusi dalam suksesnya pelaksanaan HUT ke-79 RI.

"Tentu kehadiran listrik menjadi salah satu peran vital dalam suksesnya HUT ke-79 RI yang pertama kalinya diselenggarakan di IKN. Kami mengapresiasi langkah PLN yang telah mendukung suksesnya acara ini melalui pasokan listrik hijau yang andal," ujar Troy yang juga Juru Bicara Otorita IKN.

Di sisi lain, Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandi juga menyoroti peran penting PLN dalam memastikan kelancaran acara tersebut.

Menurut Wishnutama, PLN tidak hanya memastikan ketersediaan listrik, tetapi juga menyiagakan personel di setiap lokasi acara, sehingga pelaksanaan berjalan lancar tanpa gangguan.

"Bahkan, tidak hanya pasokan listriknya, para personel PLN juga sangat sigap membantu panitia dalam menyiapkan instalasi di tiap venue acara," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, persiapan pasokan listrik untuk IKN dilakukan dengan sangat hati-hati, termasuk menyiapkan infrastruktur pendukung dan memanfaatkan sumber energi bersih.

Dalam pernyataannya, Darmawan mengucapkan berterima kasih atas kepercayaan Pemerintah kepada PLN untuk menyediakan energi listrik hijau di IKN.

Lebih lanjut, dia memastikan PLN telah berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan kelistrikan guna mendukung IKN sebagai kota pintar, hijau, dan indah.

Darmawan juga menyebutkan, saat ini pasokan listrik untuk IKN berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 10 megawatt (MW). 

Selain itu, PLN telah menyelesaikan jaringan transmisi dan terus mengembangkan infrastruktur pendukung lainnya, termasuk melanjutkan konstruksi tahap kedua PLTS IKN dengan kapasitas 40 MW.

"Saya sangat bangga akan upaya seluruh insan PLN Group dalam bekerja sama, berkordinasi dan mendukung layanan kelistrikan hijau di IKN. Ke depannya, kami akan terus mengembangkan sistem kelistikan di IKN berbasis pada listrik hijau yang bersih," pungkas Darmawan.