TangerangNews.com

Roadshow Sertifikasi Halal Bagi 1.000 UMKM Bakal Digelar di Banten

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 30 Agustus 2024 | 15:25 | Dibaca : 78


Ilustrasi sertifikat halal. (Istimewa / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com-Pemerintah akan menggelar roadshow sosialisasi, pendampingan dan pendaftaran sertifikasi halal bagi 1.000 usaha mikro di Provinsi Banten.

Kegiatan ini kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Banten, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KemenkopUKM), Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS), Bank Indonesia (BI), Bank Banten, Bank Syariah Indonesia (BSI), Modernland dan lainnya. 

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop UKM) Provinsi Banten Agus Mintono mengatakan, acara ini akan dilaksanakan di Pendopo Gubernur Banten, pada Selasa 3 September 2024, untuk menyosialisasikan pentingnya sertifikasi halal bagi para pelaku UMKM. 

"Betapa pentingnya sertifikasi halal bagi produk-produknya baik itu kuliner atau bahan-bahan dari makanan," ujarnya, Jumat 30 Agustus 2024.

Menurut Agus, industri halal sangat penting di Banten yang mayoritas penduduknya beragama muslim sehingg akan menjadi suatu kebutuhan yang utama.

Rencananya Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin akan memberikan pidato dalam pelaksanaan acara. Selain itu, ada pula penyerahan sertifikasi halal secara simbolis yang akan diberikan pada 10 orang pelaku UMKM dan peluncuran kawasan industri halal yang ada di Cikande. 

"Lalu, dilanjutkan dengan adanya peluncuran terkait dengan kawasan industri halal yang ada di Cikande. Ada pula pembagian Qris dari Bank BSI untuk 10 orang penerima UMKM," sambungnya. 

Rencananya 1.000 UMKM akan memeriahkan jalannya acara Roadshow. Masing-masing UMKM yang hadir berasal dari binaan Disperindag Banten, DinkopUKM, BI, KDEKS dan lainnya. 

Ia berharap dengan kegiatan ini, para pelaku UMKM mengetahui akan pentingnya sertifikasi halal. 

"Harapannya mereka bisa tahu bahwa adanya sertifikasi halal adalah keharusan, mungkin tahun 2026 wajib bagi para pelaku UMKM memiliki sertifikasi halal," kata Agus.