TangerangNews.com

Tangerang Bakal Dilanda Musim Hujan Mulai September, BPBD Minta Warga Waspada

Fahrul Dwi Putra | Sabtu, 14 September 2024 | 09:55 | Dibaca : 189


Ilustrasi musim hujan. (@TangerangNews / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com- Kota Tangerang bersiap menghadapi musim hujan yang diperkirakan akan mulai melanda pada September 2024. Setelah melewati cuaca panas selama beberapa bulan terakhir, sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk Tangerang, akan mulai diguyur hujan dengan intensitas bervariasi.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Indonesia akan memasuki musim penghujan secara bertahap mulai akhir September hingga awal Oktober 2024. 

Namun, hujan yang turun saat ini disebut hanya sebagai gangguan singkat sebelum musim hujan tiba sepenuhnya.

BPBD Imbau Waspada Bencana Pergantian Musim

Plt Kalak BPBD Kota Tangerang Ubaidillah Ansar mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama terhadap bencana yang kerap terjadi saat pergantian musim.

"Waspada kekeringan, hujan dengan intensitas tinggi yang mengakibatkan banjir, hingga pohon tumbang. Masyarakat harus waspada dan terus berhati-hati," ujar Ubaidillah, Jumat, 13 September 2024.

Dikatakan Ubaidillah, kejadian pohon tumbang menjadi salah satu perhatian utama BPBD. Seperti baru-baru ini terjadi di Jalan Mochammad Yamin, tepatnya di jalur menuju Pengadilan Negeri Tangerang, pada Jumat pagi, 13 September 2024.

Untuk menangani situasi darurat, BPBD Kota Tangerang menyediakan layanan emergency call center 112 dan nomor piket 24 jam BPBD di 021-5582-144. Masyarakat diimbau segera melaporkan kejadian darurat seperti pohon tumbang atau banjir melalui layanan tersebut.

Selain itu, Ubaidillah juga mendorong masyarakat untuk lebih siap menghadapi potensi bencana dengan mengikuti pelatihan kebencanaan yang diselenggarakan oleh BPBD Kota Tangerang. 

"Tak kalah penting, menyiapkan tas siaga bencana untuk mengantisipasi kebutuhan ketika terjadi bencana atau keadaan darurat sebelum datangnya bantuan," tukasnya.