TangerangNews.com

PIK 2 Tangerang Masuk Program Strategis Nasional Pariwisata

Rangga Agung Zuliansyah | Sabtu, 14 September 2024 | 11:45 | Dibaca : 198


Pantai Pasir Putih PIK 2, Kosambi, Kabupaten Tangerang. (@TangerangNews / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut sidang kabinet paripurna terakhir pemerintahan Joko Widodo yang digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, membahas tentang program pariwisata berkelanjutan.

Salah satunya adalah pengembangan wilayah Pantai Indah Kosambi (PIK) 2, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, yang masuk masuk ke dalam Program Strategis Nasional (PSN).

"Tangerang kan kita lihat luar biasa ya, dengan satu proyek strategis nasional yang tadi juga mendapat arahan dari kabinet untuk dilanjutkan dengan penyesuaian, yaitu proyek strategis nasional PIK 2 yang ada di Tangerang," kata Sandi di Bandara Soekarno-Hatta, Jumat, 13 September 2024.

Menurut Sandi, ini menjadikan motor lokomotif pembangunan pariwisata ke depan, dengan target kunjungan wisatawan 20 juta tambahan dan 10 juta lapangan kerja baru.

Apalagi, letak PIK 2 sangat dekat dengan Bandara Soekarno-Hatta yang menjadi pintu gerbang utama Indonesia.

"Yang mana, angka ini untuk proses PSN pariwisata dan itu kebetulan yang terus berlanjut adalah yang di PIK 2," ujarnya.

Tidak hanya PIK 2, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga merekomendasikan 5 destinasi super prioritas untuk sektor wisata.

Pihaknya pun merekomendasikan untuk diselesaikan dari segi aspek infrastruktur agar sudah di atas 80 persen.

"Malah ada yang sudah selesai, tapi ada juga aspek sustainability keberlanjutan dan kualitasnya peningkatan SDM," jelas Sandi.

Menurut Sandi, hasil awal yang sangat menjanjikan di Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo dan Likupang. Di mana, untuk Likupang mencatat pertumbuhan pengunjung paling tinggi.