TangerangNews.com

Mengenal Fertility Check-Up, Upaya Deteksi Dini Cegah Masalah Kesuburan

Fahrul Dwi Putra | Kamis, 26 September 2024 | 14:11 | Dibaca : 85


Ilustrasi kehamilan (@TangerangNews / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com- Bagi banyak pasangan, memiliki anak menjadi salah satu yang diimpikan. Namun, perjalanan menuju kehamilan tidak selalu mudah. Misalnya saja terkait masalah kesuburan.

Oleh karena itu, penting untuk mendeteksi potensi masalah sejak dini dengan melakukan fertility check-up untuk membantu pasangan memahami kesehatan reproduksi mereka dan mengambil langkah tepat dalam merencanakan kehamilan.

Faktor Penyebab Masalah Kesuburan

Kesuburan bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik pada pria maupun wanita. Pada wanita, masalah umum termasuk gangguan ovulasi, sumbatan tuba falopi, hingga masalah hormonal. 

Sedangkan pada pria, biasanya disebabkan oleh kualitas dan kuantitas sperma. Selain itu, faktor usia, gaya hidup, dan stres juga bisa mempengaruhi kemampuan pasangan untuk hamil. Sebab, dengan mengetahui evaluasi menyeluruh terhadap kesehatan reproduksi pria dan wanita

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, Subspesialis Fertilitas di Women's Health Center Bethsaida Hospital dr. Andriana Kumala Dewi, Sp.OG, Subsp.FER,, mengatakan, deteksi dini adalah kunci bagi pasangan yang merasa kesulitan untuk hamil. Sebab, dengan deteksi dini dapat memberikan evaluasi bagi kesehatan reproduksi pria dan wanita.

"Banyak pasangan yang tidak menyadari adanya masalah kesuburan hingga mereka mencoba untuk hamil dan mengalami kesulitan," ucapnya.

Kesuburan Bukan Hanya Masalah Wanita

Salah satu hal penting yang perlu dipahami adalah kesuburan bukan hanya tanggung jawab wanita. Sekitar 30-40% masalah kesuburan disebabkan oleh faktor pria, sementara 30-40% lainnya dipicu oleh faktor wanita. 

Sisanya merupakan kombinasi dari keduanya atau penyebab yang tidak diketahui. Oleh karena itu, pemeriksaan kesuburan perlu dilakukan oleh kedua belah pihak untuk mendapatkan gambaran yang jelas.

Bethsaida Hospital menyediakan layanan Fertility Check-Up yang mencakup berbagai jenis pemeriksaan, seperti tes hormonal, USG, hingga HSG (histerosalpingografi) yang membantu memeriksa kondisi tuba falopi. 

Setiap pemeriksaan dirancang untuk memberikan informasi lengkap tentang kondisi kesuburan pasien, yang nantinya digunakan untuk menyusun rencana penanganan yang tepat.

Direktur Bethsaida Hospital dr. Pitono menjelaskan, Women's Health Center di Bethsaida Hospital ini telah dilengkapi dengan teknologi medis modern dan staf berpengalaman.

"Didukung oleh tenaga medis ahli dan berpengalaman serta dilengkapi dengan peralatan medis canggih seperti USG 4D dan laboratorium komprehensif, kami siap memberikan layanan kesuburan terbaik bagi setiap pasangan," ujarnya.

Tak hanya itu, kenyamanan dan privasi pasien juga menjadi prioritas utama dalam setiap pemeriksaan di Bethsaida Hospital.

Cara Menjaga Kesuburan dan Waktu yang Tepat untuk Memeriksakan Diri

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga kesuburan:

1. Pola makan sehat 

Konsumsi makanan bergizi yang kaya vitamin, mineral, dan antioksidan dapat membantu menjaga kesehatan reproduksi.

2. Aktivitas fisik 

Olahraga teratur dapat menjaga berat badan ideal dan keseimbangan hormon.

3. Hindari stres

Stres dapat mempengaruhi hormon dan menurunkan tingkat kesuburan.

4. Jauhi rokok dan alkohol

Rokok dan konsumsi alkohol berlebihan dapat merusak kualitas sperma dan sel telur.

5. Konsultasi rutin

Jika pasangan sudah mencoba hamil selama setahun tanpa hasil, atau enam bulan bagi wanita di atas 35 tahun, segera lakukan konsultasi kesuburan.

Mengapa Memilih Bethsaida Hospital untuk Fertility Check-Up?

Bethsaida Hospital Gading Serpong memahami betapa emosionalnya perjalanan menuju kehamilan. Oleh karena itu, Women's Health Center di rumah sakit ini berfokus pada pelayanan yang empatik dan profesional. 

Untuk informasi lebih lanjut atau membuat janji, Anda dapat mengunjungi Women's Health Center di Bethsaida Hospital.