TangerangNews.com

Ada 1.031.554 Formasi! Yuk Daftar SSCASN PPPK 2024, Begini Caranya

Fahrul Dwi Putra | Senin, 30 September 2024 | 13:58 | Dibaca : 269


Ilustrasi pns. (Istimewa / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com- Pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk tahun 2024 akan segera dibuka. Berdasarkan informasi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), pendaftaran ini dijadwalkan mulai pada Selasa, 1 Oktober 2024. 

Bagi yang ingin mendaftarkan diri sebagai PPPK, ini adalah kesempatan besar untuk bergabung, terutama dengan jumlah formasi yang mencapai 1.031.554.

Proses pendaftaran dilakukan secara online melalui portal SSCASN BKN di https://sscasn.bkn.go.id. Ada empat kategori pelamar yang bisa mendaftar, termasuk pelamar prioritas, eks Tenaga Honorer Kategori II (THK-II), non-ASN yang terdata di BKN, dan non-ASN yang saat ini aktif bekerja di instansi pemerintah seperti dikutip dari Kompas.tv.

Cara Mendaftar PPPK 2024

Berikut adalah cara lengkap untuk mendaftar PPPK 2024 di portal SSCASN:

  1. Buat Akun SSCASN dengan mengunjungi situs https://sscasn.bkn.go.id.
  2. Daftarkan diri dengan mengisi data yang dibutuhkan, termasuk nomor identitas dan email.
  3. Setelah akun dibuat, login dengan username dan password yang sudah didaftarkan.
  4. Klik "Lanjutkan Login" untuk masuk ke dashboard pendaftaran.
  5. Isi data pribadi, seperti nama sesuai dengan ijazah. Pastikan data sudah benar karena hanya nama, email, dan jenis kelamin yang bisa diubah.
  6. Pilih jenis seleksi PPPK yang sesuai dengan kualifikasi kamu.
  7. Pilih instansi dan formasi yang ingin dilamar. Misalnya, jika kamu ingin melamar sebagai tenaga kesehatan, centang opsi "Tenaga Kesehatan."
  8. Jika diizinkan, pilih lokasi tes sesuai preferensi dan lokasi formasi yang dilamar.
  9. Siapkan dokumen yang diminta oleh instansi, seperti ijazah, KTP, dan surat keterangan lainnya. Pastikan format dan ukuran file sesuai ketentuan.
  10. Setelah semua data diisi, periksa kembali untuk memastikan semuanya benar. Jika sudah yakin, cetak Kartu Pendaftaran PPPK.

Jadwal Seleksi PPPK 2024

Berikut jadwal lengkap pendaftaran dan tahapan seleksi PPPK 2024:

Perlu dicatat, calon peserta disarankan agar memperhatikan dengan teliti setiap tahapan dan jadwal dalam proses pendaftaran dan seleksi. Setiap instansi juga memiliki jadwal pengumuman dan formasi yang bisa berbeda, jadi pastikan untuk memantau informasi terbaru di portal SSCASN.