TangerangNews.com

Job Fair SMK TI PGRI 11 Serpong Dipadati Pencari Kerja

Yanto | Senin, 30 September 2024 | 16:37 | Dibaca : 337


Job Fair yang digelar SMK TI PGRI 11 Serpong, Senin 30 September 2024. (@TangerangNews / Yanto)


TANGERANGNEWS.com-Job fair yang digelar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) TI PGRI 11 Serpong dipadati ratusan pencari kerja, Senin 30 September 2024. 

Masfur Siddik, Kepala SMK TI PGRI 11 Serpong mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran yang saat ini mencapai 5 % di Tangsel. 

"Saat ini yang kita hadapi yang pengangguran anak yang baru lulus sekolah, Alhamdulillah tadi dari Dinas Ketenagakerjaan mendukung kegiatan ini, bisa memberikan dampak positif buat warga," ujarnya.

Jobs fair ini hanya diadakan selama satu hari yakni Senin 30 September 2024. Kegiatan ini juga memberikan kesempatan bagi pencari kerja untuk aktif menggali informasi tentang lowongan yang mereka butuhkan.

"Ada sebanyak 11 perusahaan dari sektor perhotelan, perindustrian dan retail, yang mana diikuti 151 alumni berasal dari sekolah SMK dan lingkungan sekolah lain," kata Masfur.

Berdasarkan data BPS disebutkan bahwa penyumbang pengangguran salah satunya dari SMK.

Karena itu, sekarang ada upaya yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Dirjen Vokasi bahwa SMK sedang digenjot untuk bisa melaksanakan kurikulum merdeka belajar dan mengimplementasikannya.

"Kemudian bermitra dengan industri, perguruan tinggi dan dunia kerja, supaya lulusannya siap bekerja, siap melanjutkan dan siap usaha,” ujarnya.

Aplikasinya betul-betul dikawal oleh Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi, untuk mengimplementasikan struktur merdeka belajar itu sendiri.

Selanjutnya, regulasinya juga sudah ada yang ditetapkan oleh kementerian, sehingga dalam melaksanakan kurikulum merdeka belajar bukan secara mandiri lagi.