TangerangNews.com

Filosofi Logo HUT ke-392 Kabupaten Tangerang

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 2 Oktober 2024 | 21:14 | Dibaca : 110


Logo baru Hari Jadi ke-392 Kabupaten Tangerang Tahun 2024. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)


TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang merilis logo baru bertepatan pada Hari Jadi ke-392 Kabupaten Tangerang Tahun 2024 yang diperingati setiap tanggal 13 Oktober.

Plt Kepala Diskominfo Kabupaten Tangerang Rudi Lesmana mengungkapkan, pihaknya telah mendesain dan mengusulkan lima desain untuk ditetapkan sebagai logo Hari Jadi ke-392 Kabupaten Tangerang.

"Alhamdulillah, terpilih satu desain dengan menggambarkan warna yang ceria dan penuh optimisme serta dari sisi landmark maupun ikonnya cukup lengkap," ungkapnya, Selasa 02 Oktober 2024.

Logo tersebut didesain oleh Ahmad Taufiq Jamaludin, Desainer Grafis Diskominfo Kabupaten Tangerang. Tema hari jadi tahun 2024 bertajuk "Terus Bertumbuh, Semakin Gemilang".

 

Berikut adalah filosofi bentuk logo hari jadi ke-392 Kabupaten Tangerang:

 

1. Ikon Tiga Aria 

Melambangkan semangat perjuangan, simbolisasi 3 pendiri Kabupaten Tangerang yang juga pahlawan nasional yang menjadi landmark serta simbol menggapai cita-cita.

 

2. Angka 392 & Teks Tangerang Tebal Melambangkan usia Kabupaten Tangerang, semangat pembangunan, sumber daya manusia dan alam yang melimpah.

 

3. Gear / Roda Gigi

Melambangkan Kabupaten Tangerang sebagai wilayah industri, juga melambangkan kerja keras mewujudkan cita-cita pembangunan.

 

4. Ikon Masjid Agung Al-Amjad

Masjid Agung Al-Amjad berada di wilayah Puspemkab Tangerang, sudah menjadi landmark dan sebagai simbol visi Tangerang Religius.

 

5. Ikon Khas Atap & Logo ICE BSD

Kabupaten Tangerang bangga memiliki gedung pertemuan berstandar internasional yang menjadi magnet wisata, bisnis, dan perdagangan. Menegaskan kembali bahwa ICE BSD terletak di wilayah Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang.

Atap bergelombang tersebut juga melambangkan gelombang laut sebagai kekayaan hayati Kabupaten Tangerang yang memiliki garis pantai yang panjang di Provinsi Banten. Gelombang juga melambangkan semangat pembangunan.

 

6. Ikon Gedung Kembar

Gedung kembar Apartemen Amartapura yang berlokasi di wilayah Kecamatan Kelapa Dua, menjadi penanda bahwa sudah dekat dengan kawasan bisnis Supermall Karawaci.

Ikon ini melambangkan bahwa sebagian wilayah Kabupaten Tangerang adalah kawasan perdagangan dan bisnis.

 

7. Pesawat

Melambangkan proses menuju tujuan & cita-cita pembangunan Kabupaten Tangerang serta sebagian besar Area Bandara Internasional Soekarno-Hatta berada di wilayah Kabupaten Tangerang.

 

8. Ayam Wareng

Fauna endemik Kabupaten Tangerang melambangkan semangat, keberanian, dan kesejahteraan masyarakat.

 

 

Adapun filosofi warna yang dipilih sebagai berikut:

 

1. Ungu-Magenta

Warna khas Kabupaten Tangerang, kedewasaan, keceriaan, dan berkelanjutan.

 

2. Hijau 

Keasrian, menyatu dengan alam, kelestarian, religius dan sehat.

 

3. Biru

Masa depan gemilang, teknologi, dan cerdas.

 

4. Merah

Semangat perjuangan dalam pembangunan.

 

5. Jingga

Gemilang, fokus pada tujuan, dan kesejahteraan.