TangerangNews.com

Diam-Diam Buah dan Sayur Ini Mengandung Racun, Catat Daftarnya

Fahrul Dwi Putra | Kamis, 3 Oktober 2024 | 10:19 | Dibaca : 156


Ilustrasi buah dan sayur-sayuran (@TangerangNews / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com- Buah dan sayur dikenal sebagai sumber gizi penting bagi kesehatan, meski demikian ada beberapa jenis yang ternyata mengandung racun alami. 

Jika tidak diolah atau dikonsumsi dengan benar, zat berbahaya tersebut dapat menyebabkan keracunan. 

Buah dan sayuran ini sebenarnya memiliki mekanisme alami untuk melindungi diri dari hama, tetapi bagi manusia, kandungan racun ini bisa berbahaya.

Berikut adalah daftar buah dan sayur yang mengandung racun dikutip dari kanal YouTube Hydrofarm TV Indo, Kamis, 3 Oktober 2024.

1. Kentang

Siapa sangka, kentang yang sering kita konsumsi bisa berbahaya jika dikonsumsi saat tunasnya tumbuh atau berubah warna menjadi hijau. 

Kentang mengandung racun bernama glikoalkaloid yang bisa menyebabkan gejala seperti rasa pahit, sensasi terbakar di mulut, sakit perut, hingga muntah-muntah.

2. Singkong

Singkong mentah berpotensi berbahaya karena mengandung zat beracun bernama hidrogen sianida. Pengolahan yang tepat seperti fermentasi, pengeringan, atau memasak dengan benar diperlukan untuk mengurangi racunnya. 

Jika tidak, konsumsi singkong mentah dapat menyebabkan keracunan dengan gejala seperti mual, sakit kepala, dan bahkan kematian.

3. Kacang Mentah

Jenis kacang seperti kacang merah, kacang putih, dan kacang hijau mengandung racun alami fitohemaglutinin. Jika kacang ini dikonsumsi mentah atau kurang matang, racunnya dapat menyebabkan mual, muntah, dan diare.

4. Kacang Mete

Kacang mete mentah mengandung senyawa uroshiol yang beracun. Namun, kacang mete yang dijual di pasaran biasanya sudah melalui proses pengukusan untuk menghilangkan racunnya, sehingga aman dikonsumsi.

5. Almond Pahit

Almond pahit mengandung sianida yang berbahaya jika tidak diproses dengan benar. Almond yang sudah disangrai atau diolah adalah aman untuk dimakan, tetapi almond pahit mentah harus dihindari.

6. Buah Belimbing

Buah belimbing aman dikonsumsi oleh kebanyakan orang, tetapi bisa berbahaya bagi penderita gagal ginjal. Kandungan neurotoksin dalam belimbing dapat menyebabkan gangguan otak dan saraf pada mereka yang memiliki penyakit ginjal.

7. Biji Apel

Meski daging buah apel aman dan sehat, bijinya mengandung amygdalin, yang dapat melepaskan sianida ketika dicerna. Oleh karena itu, biji apel sebaiknya tidak dikonsumsi.

8. Biji Ceri

Biji buah ceri juga mengandung hidrogen sianida yang berbahaya jika tertelan dalam jumlah besar. Konsumsi biji buah ceri secara berlebihan dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, hingga muntah.

9. Leci Mentah

Leci mentah yang dikonsumsi saat perut kosong atau oleh anak-anak dengan kekurangan gizi dapat menyebabkan hipoglikemia, kondisi di mana kadar gula darah turun drastis. Hal ini berpotensi memengaruhi fungsi otak dan menyebabkan gejala seperti kejang.

10. Daun dan Batang Tomat

Buah tomat sangat aman untuk dikonsumsi, tetapi bagian daun dan batangnya mengandung glikoalkaloid yang dapat menyebabkan sakit perut parah jika termakan.

11. Jamur

Beberapa jenis jamur liar mengandung racun mematikan. Jamur berwarna cerah dan berbentuk payung kecil sering kali berbahaya. Sebaiknya hindari konsumsi jamur liar kecuali Anda yakin jamur tersebut aman.

Tips Menghindari Keracunan dari Buah dan Sayur

Kendati terdapat bahaya, konsumsi buah dan sayuran tetap dianjurkan asalkan mengetahui cara pengolahan dan konsumsi yang tepat agar dapat menikmati manfaat kesehatan dari buah dan sayuran favorit tanpa khawatir akan racunnya.