TangerangNews.com

Local Media Summit 2024, Media Lokal Diajak Berdayakan Desa Wisata

Fahrul Dwi Putra | Jumat, 4 Oktober 2024 | 16:25 | Dibaca : 58


Sesi talkshow bertema "Inspiring Talks – Serving The Audience of Tomorrow" dalam Local Media Summit 2024 di Hotel Sultan, Jakarta, pada Rabu, 2 Oktober 2024. (@TangerangNews / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com- Sejumlah pengelola media lokal mengikuti kegiatan Local Media Summit 2024 di Hotel Sultan, Jakarta, pada Rabu, 2 Oktober 2024.

Dalam acara tahunan yang diadakan oleh Suara.com dan International Media Support (IMS) ini, para pengelola media lokal saling berbagi pengetahuan melalui berbagai sesi talkshow.

Salah satunya ialah sesi talkshow bertema "Inspiring Talks – Serving The Audience of Tomorrow" dengan pembicara Pemimpin Redaksi Suara Surabaya Edy Prasetyo, CEO Depok 24 Jam Mifhatul Khoer, dan Pemenang SATU Indonesia Awards 2023 dalam bidang Teknologi dari Astra, Reza Permadi.

Saat diskusi berlangsung, Reza Permadi yang juga dosen pariwisata berbagi pengalamannya dalam mendampingi komunitas lokal untuk mengembangkan desa wisata. 

Ia menjelaskan bagaimana inisiatifnya bersama tim membangun kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dengan tujuan memajukan ekonomi masyarakat lokal. 

"Mendampingi mereka (masyarakat lokal) untuk punya produk dan produknya dipasarkan secara daring atau digital atau secara langsung," ujarnya.

Disampaikan Reza, Indonesia memiliki 83.813 desa, namun hanya 6.030 yang berstatus desa wisata. 

Lebih lanjut, Reza dan timnya, melalui kolaborasi dengan Astra bersama Kementerian Parisiwata dan Kementerian Desa, berhasil membantu digitalisasi 244 produk dari desa wisata di berbagai daerah. 

Salah satu contoh sukses dari program ini adalah di Desa Sejahtera Astra (DSA) Bugisan, Klaten, di mana mereka melakukan sosialisasi, pendampingan, serta promosi produk desa secara digital.

Kolaborasi antara media lokal dan program-program seperti yang dijalankan oleh Astra di desa-desa wisata diyakini dapat membawa dampak positif bagi masyarakat. 

Sementara, Pemimpin Redaksi Suara Surabaya Edy Prasetyo menambahkan, media lokal memiliki kekuatan untuk menciptakan perubahan yang signifikan di tingkat masyarakat. 

Media, menurutnya, harus mampu menjadi motor penggerak dengan menyajikan konten yang kreatif dan inovatif sehingga dapat menciptakan nilai tambah bagi masyarakat lokal.

"Dari sini akan menciptakan nilai di masyarakat," katanya.

Dalam semangat yang sama, Astra meluncurkan Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra 2024 dengan tema "Bersama, Berkarya, Berkelanjutan". Kompetisi ini mengajak masyarakat untuk mengabadikan momen-momen yang berkontribusi terhadap keberlanjutan Indonesia. 

Pendaftaran telah dimulai sejak 10 Juli dan akan berlangsung hingga November, dengan hadiah utama berupa sepeda motor dan berbagai hadiah menarik lainnya.

Beberapa syarat dan ketentuan lomba ini antara lain, peserta harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), dan karya yang diikutsertakan harus hasil karya sendiri. 

Karya yang dikirimkan harus sesuai dengan norma sosial dan tidak mengandung unsur kekerasan, politik, pornografi, atau penghinaan terhadap SARA. 

Adapun informasi lebih lanjut tentang lomba ini dapat diakses melalui bit.ly/KompetisiJurnalistikAstra.