TangerangNews.com

Perluas Literasi Keuangan, bank bjb Bersama OJK dan IJK Hadirkan Berbagai Program di FinExpo 2024

Rangga Agung Zuliansyah | Sabtu, 5 Oktober 2024 | 20:45 | Dibaca : 47


FinExpo 2024 digelar selama 3 - 6 Oktober 2024 di Pentacity Mall dan e-Walk Mall Balikpapan. (Tangerangnews / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com-Dalam era digital ini, memiliki pengetahuan yang baik tentang pengelolaan keuangan menjadi krusial, tidak hanya untuk kesejahteraan pribadi tetapi juga masa depan.

Salah satu cara yang paling efektif untuk membangun dasar keuangan yang kuat adalah dengan menabung secara rutin.

Menabung bukan hanya tentang menyimpan uang, tetapi juga mempersiapkan masa depan dan mengantisipasi berbagai kebutuhan tak terduga.

Menurut data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), tingkat literasi keuangan di Indonesia pada tahun 2024 tercatat sebesar 65,43% sementara indeks inklusi keuangan sebesar 75,02 persen.

Artinya, hampir setengah dari populasi Indonesia sudah memiliki pemahaman yang baik tentang produk dan layanan keuangan yang tersedia.

Widi Hartoto, Corporate Secretary bank bjb mengatakan sebagai salah satu bank terkemuka di Indonesia, bank bjb secara konsisten berpartisipasi aktif dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya literasi keuangan, khususnya kebiasaan menabung.

Melalui berbagai program yang dijalankan, bank bjb berkomitmen untuk memperluas akses keuangan bagi berbagai lapisan masyarakat, sekaligus mendorong peningkatan literasi keuangan.

Dalam rangka mendukung Bulan Inklusi Keuangan 2024, OJK, bank bjb dan IJK lainnya turut mendukung acara FinExpo 2024, dengan berbagai rangkaian kegiatan.

Di antaranya adalah pameran produk dan layanan jasa keuangan dari IJK, pameran produk UMKM binaan Kementerian, Lembaga atau IJK.

“Ada juga perlombaan, talkshow dan artist performance yang digelar selama 4 (empat) hari yaitu pada tanggal 3 - 6 Oktober 2024 di dua tempat yaitu Pentacity Mall dan e-Walk Mall Balikpapan,” katanya, Sabtu 5 Oktober 2024.

Acara ini merupakan bagian dari upaya untuk memperluas akses layanan keuangan dan mengampanyekan budaya menabung kepada masyarakat luas.

FinExpo 2024 juga dimeriahkan dengan pameran produk-produk keuangan dari berbagai institusi jasa keuangan, termasuk bank bjb.

Dalam pameran ini, masyarakat dapat langsung berinteraksi dengan para staf bank dan mendapatkan informasi yang lebih rinci tentang berbagai produk dan layanan yang ditawarkan.

“Selain itu, ada juga berbagai doorprize, serta hiburan berupa penampilan artis yang semakin memeriahkan acara,” kata Widi Hartoto.

Pada event ini, bank bjb menghadirkan berbagai program menarik yang bertujuan memperkenalkan layanan dan produk keuangan yang dapat membantu masyarakat, dalam mengelola keuangan dengan lebih baik.

Beberapa program yang ditawarkan oleh bank bjb di FinExpo 2024 antara lain program                            bjb Gebyar Tandamata periode sampai dengan akhir Oktober 2024 dan bjb Deposito SiSuka periode sampai dengan Akhir Desember 2024, dimana nasabah akan mendapatkan benefit tambahan berupa hadiah cashback untuk penempatan nominal dan jangka waktu tertentu.

Bagi pengunjung FinExpo yang melakukan pembukaan rekening ataupun program yang ditawarkan di booth bank bjb, serta melakukan transaksi pembayaran menggunakan produk DIGI, DigiCash, dan debit Card bank bjb, akan berkesempatan mendapatkan hadiah langsung berupa merchandise menarik yang didapatkan melalui mesin spinning wheel.

“Dengan demikian, bank bjb tidak hanya berfokus pada edukasi, tetapi juga memberikan manfaat langsung bagi masyarakat yang ingin mulai menabung dan menggunakan produk bank bjb,” ujar Widi Hartoto.

Melalui partisipasinya dalam FinExpo 2024, bank bjb menegaskan komitmennya untuk terus menjadi bagian dari upaya meningkatkan inklusi dan literasi keuangan di Indonesia.

Sebagai bagian dari industri jasa keuangan yang terus berkembang, bank bjb percaya bahwa edukasi keuangan adalah kunci untuk membantu masyarakat mencapai kesejahteraan finansial yang berkelanjutan.

Kehadiran bank bjb dalam FinExpo 2024 juga dimaksudkan sebagai menjadi momentum untuk semakin mendekatkan diri kepada masyarakat, sekaligus mengajak mereka untuk memulai kebiasaan menabung sejak dini.

Dengan berbekal berbagai produk inovatif dan program edukasi yang berkelanjutan, bank bjb berkomitmen untuk terus mendukung terciptanya masyarakat yang melek keuangan dan siap menghadapi tantangan finansial di masa depan.

“bank bjb percaya bahwa dengan edukasi yang tepat, masyarakat Indonesia akan semakin siap dalam mengelola keuangan dengan lebih baik,” turup Widi Hartoto.