TangerangNews.com

Gaji Rp4 Juta UMK Tangerang, Berapa Lama untuk Kumpulkan Rp300 Juta? Ini Skemanya

Fahrul Dwi Putra | Senin, 14 Oktober 2024 | 05:28 | Dibaca : 147


Kaluna, karakter film Home Sweet Loan (@TangerangNews / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com- Mendapatkan rumah impian di era sekarang terasa seperti mimpi yang sulit diwujudkan, terutama bagi yang memiliki gaji pas-pasan. Namun, bukan berarti tidak mungkin. Mari coba hitung, berapa lama seseorang dengan gaji Rp4 juta per bulan di Tangerang bisa mengumpulkan Rp300 juta, yakni angka yang umum dipakai sebagai target down payment (DP) rumah.

Seperti diketahui, cerita tentang seseorang yang menginginkan untuk membeli rumah telah diangkat menjadi sebuah film berjudul Home Sweet Loan yang sudah tayang sejak 26 September 2024, lalu.

Biaya Hidup di Tangerang

Sebelum membahas perhitungan, perlu dipahami bahwa gaji Rp4 juta merupakan standar Upah Minimum Kota (UMK) di Tangerang. 

Dalam kondisi ini, pengeluaran sehari-hari menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi yang hidup dalam keluarga besar atau "generasi sandwich" seperti Kaluna, karakter dari film Home Sweet Loan. 

Generasi sandwich merupakan generasi yang dihadapkan pada kewajiban membantu keluarga, baik orang tua maupun adik-kakaknya, selain harus memikirkan kebutuhan pribadinya.

Biaya hidup di Tangerang mencakup makan, transportasi, hingga cicilan mungkin sudah menghabiskan sekitar 60-70% dari total gaji. Maka dari itu, hanya sekitar 30-40% yang bisa dialokasikan untuk menabung.

Skema Menabung Rp300 Juta dengan Gaji Rp4 Juta

Jika diasumsikan seseorang bisa menyisihkan 30% dari gaji bulanan Rp4 juta, maka jumlah yang bisa ditabung adalah:

Sekarang, mari hitung berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai target Rp300 juta dengan tabungan sebesar Rp1,2 juta per bulan.

Artinya, jika seseorang menabung Rp1,2 juta per bulan tanpa ada gangguan atau pengeluaran darurat, ia membutuhkan waktu sekitar 20 tahun untuk mencapai Rp300 juta.

Namun, tentu tidak selalu bisa menabung dengan jumlah tersebut secara konsisten. Misalnya, ada saja pengeluaran darurat, kebutuhan keluarga yang mendadak, atau kondisi ekonomi yang berubah bisa menghambat rencana menabung. 

Di sinilah seseorang mungkin perlu mengikuti jejak Kaluna dalam Home Sweet Loan, yang berusaha hidup sederhana dan memotong pengeluaran yang tidak perlu.

Mengurangi pengeluaran hiburan, seperti nongkrong di kafe atau liburan mewah, serta fokus pada kebutuhan primer adalah salah satu cara untuk menambah alokasi tabungan. 

Misalnya, jika bisa menyisihkan hingga 40% dari gaji (sekitar Rp1,6 juta per bulan), maka waktu untuk mencapai Rp300 juta akan lebih cepat, yaitu:


Investasi atau Cicilan KPR

Selain menabung, pilihan lain untuk mempercepat pencapaian rumah impian adalah berinvestasi atau mengambil Kredit Pemilikan Rumah (KPR). 

Dengan bunga KPR yang terjangkau, seseorang bisa mencicil rumah sambil tetap memiliki sisa uang untuk kebutuhan sehari-hari. Misalnya, dengan DP yang lebih kecil, seperti Rp100 juta, lalu sisanya dicicil dengan tenor 15 hingga 20 tahun. Namun, ini tentu membutuhkan perhitungan bunga dan kemampuan finansial yang matang.