TangerangNews.com

Pj Wali Kota Tangerang Sebut Berantas Korupsi Dimulai dari Keluarga

Fahrul Dwi Putra | Senin, 14 Oktober 2024 | 23:51 | Dibaca : 97


Pj Wali Kota Tangerang Nurdin memberikan sambutan dalam Bimbingan Teknis Keluarga Berintegritas di salah satu hotel di Kota Tangerang pada Senin, 14 Oktober 2024. (@TangerangNews / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com- Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin menilai langkah awal yang sangat penting dalam memerangi korupsi dapat dilakukan dengan membangun keluarga yang berintegritas.

Menurutnya, dengan menanamkan nilai-nilai integritas di dalam keluarga, terutama di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN), diharapkan akan lahir generasi penerus yang jujur, bertanggung jawab, dan bersih dari praktik-praktik korupsi.

"Di mana upaya untuk membangun integritas keluarga terutama di kalangan ASN tersebut merupakan bagian dari strategi pencegahan korupsi yang lebih luas, yang melibatkan partisipasi aktif keluarga sebagai unit terkecil dari masyarakat yang tentunya bisa ikut berperan aktif mencegah bukan hanya risiko korupsi, tapi juga perbuatan-perbuatan yang mungkin dapat merugikan orang lain," kata Nurdin.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menggelar Bimbingan Teknis Keluarga Berintegritas di salah satu hotel di Kota Tangerang pada Senin, 14 Oktober 2024.

"Diharapkan peserta dapat memahami pentingnya peran keluarga dalam menciptakan generasi yang berintegritas, serta mampu menjadi agen perubahan di lingkungan masyarakat," tambah Nurdin.

Atas upaya tersebut, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengapresiasi Pemkot Tangerang yang disampaikan langsung oleh Pelaksana Harian (Plh) Direktur Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK, Dion Hardika Sumarto.

"Di mana kita melibatkan keluarga dalam upaya pencegahan tindakan korupsi, mengingat banyak kasus korupsi yang juga turut melibatkan keluarga," ungkap Dion.

Dion menilai, kegiatan semacam ini sangat penting dan harus terus didorong agar ke depannya tidak ada lagi keluarga yang terlibat dalam tindak pidana korupsi.

"Kami mengapresiasi, dan tentunya apa yang dilakukan dari pihak Pemkot Tangerang ini patut dicontoh juga ya untuk Pemerintah Daerah lain," katanya.