TangerangNews.com

PLN EV Conversion Race 2024 Putaran Kedua Sukses Digelar, Ini Daftar Pemenangnya 

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 15 Oktober 2024 | 14:29 | Dibaca : 161


Ajang PLN EV Conversion Race 2024 Putaran Kedua di Sentul International Karting Circuit, Kabupaten Bogor, pada Minggu, 13 Oktober 2024. (@TangerangNews / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com- PT PLN (Persero) bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) serta Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (AISMOLI) sukses menyelenggarakan ajang PLN EV Conversion Race 2024 Putaran Kedua di Sentul International Karting Circuit, Kabupaten Bogor, pada Minggu, 13 Oktober 2024. 

Ajang perlombaan motor listrik ini merupakan kelanjutan dari putaran pertama yang digelar pada 22 September 2024 dan merupakan bagian dari inisiatif pemerintah untuk mempercepat pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Terdapat tiga kategori utama, yakni EV Conversion Race, EV Conversion Endurance Race, dan Live Conversion Competition, dengan total hadiah sebesar Rp 222 juta.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Eniya Listiani Dewi menegaskan, pemerintah berkomitmen penuh untuk mengurangi emisi karbon di sektor transportasi. 

Ia menyampaikan apresiasi kepada PLN atas dukungannya dalam menyelenggarakan EV Conversion Race 2024. 

"Terima kasih kepada PLN yang telah mendukung penuh EV Conversion Race ini. Semoga masyarakat semakin yakin untuk memilih kendaraan listrik atau motor konversi," ujarnya.

Seperti diketahui, program konversi kendaraan bermesin bensin menjadi listrik sudah dimulai sejak tahun 2020 dan akan terus diperluas dengan berbagai insentif serta kolaborasi lintas sektor. 

Eniya menambahkan, konversi kendaraan listrik ini menciptakan peluang kerja baru, terutama bagi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), yang terlibat dalam proses konversi kendaraan.

Sementara itu, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyampaikan, pihaknya serius dalam membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. 

Penyelenggaraan PLN EV Conversion Race 2024 putaran kedua ini menjadi langkah nyata dalam mendukung program transisi energi yang telah dicanangkan pemerintah. 

Darmawan berharap, melalui PLN EV Conversion Race masyarakat bisa menyaksikan sendiri keunggulan kendaraan listrik yang tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga memiliki performa yang tinggi dan tahan di berbagai kondisi cuaca, termasuk hujan deras selama perlombaan berlangsung.

"Meskipun dengan kondisi hujan deras saat balapan, motor listrik konversi ini terbukti tetap dapat menunjukkan performa dan keandalannya. Kami percaya bahwa bersama-sama, kita dapat menciptakan masa depan yang lebih baik dengan mengurangi jejak karbon kita," ungkap Darmawan.

Di sisi lain, Ketua AISMOLI Budi Setyadi mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya melalui EV Conversion Race 2024 sebagai bentuk dukungan dari pemerintah dan PLN dalam transisi dari kendaraan berbahan bakar fosil ke kendaraan listrik.

"Sudah saatnya kita beralih atau shifting dari kendaraan combustion engine ke kendaraan listrik," pungkasnya.

Daftar Pemenang PLN EV Conversion Race 2024 Putaran Kedua

Kategori EV Conversion Race 1

  1. Damar Abi Yoga dari Hardy Motor Racing Team
  2. Reykat Yusuf Fadilah dari Bintang Racing Team
  3. Ahmad Saugi dari RMS Project 101

Kategori EV Conversion Race 2

  1. Reykat Yusuf Fadilah dari Bintang Racing Team
  2. Muhammad Al Farizi dari Marta Energi Otomotif X AZN Motor
  3. Ahmad Saugi dari RMS Project 101

Juara Kategori Championship

  1. Ahmad Saugi dari RMS Project 101
  2. Mochamad Nurgianto dari Arjuna BBSP KEBTKE KESDM
  3. Reykat Yusuf Fadilah dari Bintang Racing Team

Kategori EV Conversion Endurance Race

  1. Mochamad Nurgianto dan Putra P. Alam dari Arjuna BBSP KEBTKE KESDM
  2. Febrianus Balank dan Reykat Yusuf Fadilah dari F Balank Kingland Feat Tia Racing Team
  3. Rikky Fausy dan Bagus Fahrizal dari Sahabat Remap 3H Racing & Friend

Kategori EV Live Conversion

  1. SMKS Wijaya Putra Surabaya
  2. SMK Negeri 2 Bekasi
  3. SMKN 8 Kabupaten Tangerang