TangerangNews.com

Hasilkan Tenaga Kerja Unggul, PT SSB Gelar Machining Development Program

Fahrul Dwi Putra | Sabtu, 26 Oktober 2024 | 17:06 | Dibaca : 96


PT Sanggar Sarana Baja (SSB) melakukan penutupan program Machining Development Program (MDP) di pusat pelatihan Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu, 26 Oktober 2024. (@TangerangNews / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com- PT Sanggar Sarana Baja (SSB), anak usaha PT ABM Investama Tbk. (ABMM) yang berfokus pada rekayasa industri, mengadakan acara penutupan program Machining Development Program (MDP) di pusat pelatihan Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu, 26 Oktober 2024. 

Program ini merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) SSB, telah berjalan selama dua tahun dan dirancang untuk menghasilkan tenaga kerja unggul melalui pelatihan keahlian machining bagi peserta.

Sebanyak 16 pemuda dari wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan berpartisipasi dalam pelatihan MDP, yang berlangsung dari 20 Agustus hingga 11 Oktober 2024. 

Setelah pelatihan, para peserta akan melanjutkan ke tahap on the job training (OJT) di beberapa lokasi kerja SSB, seperti SSB Balikpapan, SSB Samarinda, dan SSB Sebamban, dari 15 Oktober hingga 15 November 2024. 

Direktur SSB,Johan Budisusetija mengatakan, tahap OJT ini bertujuan untuk memberi kesempatan peserta mempraktikkan keahlian yang diperoleh selama pelatihan.

"Kami harap mereka mendapatkan experience dalam menghadapi tantangan yang sekiranya akan dihadapi saat bekerja nantinya. Mereka kami harapkan juga bisa lulus OJT dengan predikat baik," ujarnya.

Johan menyebut, kegiatan ini juga menjadi bentuk tanggung jawab perusahaan dalam pembangunan SDM di sekitar area usaha PT SSB.

"Hal ini sejalan dengan cita-cita pemerintah yang ingin mencapai Indonesia Emas 2045. Kita bisa memulainya dengan membantu membangun dan menciptakan calon-calon pekerja unggul," tambahnya.

Salah satu peserta program, Syawaluddin, mengaku telah memperoleh banyak keterampilan dan pengetahuan, khususnya dalam mengoperasikan mesin machining dan memahami penggunaan alat ukur, mesin bubut, dan mesin welding usai mengikuti pelatihan. 

"Saya berharap dapat mengoperasikan mesin dan pengelasan secara lebih baik," katanya.

Selama pelatihan, peserta dibekali berbagai keterampilan, seperti cara mengoperasikan mesin CNC, portable line boring machine, dan mesin bubut. 

Keterampilan ini diharapkan dapat membuat para peserta lebih kompetitif di dunia kerja. Para peserta juga akan mendapatkan certificate of achievement sebagai tanda kelulusan dari program ini.