TangerangNews.com

Gardu PLN Meledak, 600 Pelanggan Cikokol Terancam Padam

| Jumat, 15 Juli 2011 | 19:01 | Dibaca : 24592


Gardu terbakar. (tangerangnews / rangga)


TANGERANG-Sebuah gardu PLM dengan kode TG 150 bertegangan 220-380 Volt yang terletak di Perempatan Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Bojong jaya Rt 01/02 Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang  meledak pada Jumat (15/7), sekitar pukul 15.30 WIB. Gardu tersebut menyuplai listrik kepada 600 orang pelanggan di wilayah Area Pelayanan dan Jaringan Cikokol, Kota  Tangerang.

 
Berdasarkan keterangan pemilik tokio computer di depan gardu. Jimmy, 30, persitiwa itu terjadi pada pukul 15.30 WIB. kepulan asap terlihat dari arah gardu listrik, tidak lama kemudian terdengar ledakan cukup keras sebanyak tiga kali. Lalu api terlihat membakar gardu tersebut. “Warga panik saat gadunya meledak. Lalu dilaporkan ke Pemadam Kebakaran Kota Tangerang. Api padam sekitar 15 setelah dua unit pemadam diterjunkan,” katanya.
 
Menurut Jimmy, kebakaran gardu tersebut diduga disebabkan karena sebuah truk kontainer lewat jalan berlubang di depan gardu. Karena beban yang terlau berat, menimbulkan getaran yang begitu kencang sehingga membuat gardu listrik konslet. "Saya tidak tahu pasti yang saya tahu sehabis truk kontainer lewat dari gardu itu keluar asap itu saja," jelasnya.
 
Menurut petugas gangguan dan pelayanan PLN APJ Cikokol, Yamin. Kebakaran pada Jumat sore tersebut bukan gardunya, melainkan boks panel tegangan rendah yang berfungsi mengalirkan listrik ke setiap pelanggan rumah dan industri yang berada di area ini. "Bukan gardu yang terbakar mas, cuma bok panelnya  saja dan saat ini kami sedang berusaha memperbaikinya," ungkapnya.
 
Ditambahkannya, akibat peristiwa ini sebanyak 600 pelanggan untuk sementara ini tidak bias menikmati aliran listrik. "Selain boks panel, meteran untuk pengatur lampu lalu-lintas juga ikut terbakar sehingga lampu merah juga ikut mati," katanya.(RAZ)