TangerangNews.com

Tahanan Kabur Terus, KPLP Pemuda Tangerang Dicopot

| Senin, 19 Desember 2011 | 20:33 | Dibaca : 7365


Pintu masuk pengunjung Lapas Pemuda Tangerang. (tangerangnews / dira)



TANGERANG- Kepala Kesatuan Personel Pengamanan Lapas (KPLP) Lapas Pemuda Tangerang, Hadi Gunawan dicopot oleh Kanwil Kemenkumham, Provinsi Banten.

Pencopoton ini terjadi lantaran seringnya tahanan pada Lapas tersebut kabur. Terakhir, dua WN Iran yang melarikan diri namun kemudian berhasil ditangkap kembali adalah Mehrdad Ghaledar bin Mahdi (27) dan Ali Akbar Farahani bin Taghi (27) beberapa waktu lalu.
"Empat hari lalu posisi KPLP Lapas pemuda sudah dijabat oleh pejabat pelaksana harian. Sedangkan Hadi Gunawan kami tarik menjadi staff divisi pemasyarakatan Kemenkumham Banten. Pencopotan ini merupakan hasil evaluasi kami terhadap kinerja yang bersangkutan selama bertugas di Lapas Pemuda Tangerang," ujar Kepala Kanwil  Kemenkumham Banten,
Imam Santoso, Senin (19/12).
 
Ditambahkannya,  kaburnya para narapidana ini merupakan bukti kelalaian dari petugas Lapas dan itu tidak bisa ditolerir dan peristiwa dua WN Iran terakhir adalah merupakan yang kesekian kalinya.  “Juni 2011 lalu, enam narapidana juga kabur. Kami saat ini masih terus melakukan evaluasi terhadap kinerja petugas di Lapas Pemuda, Tangerang.  Selain Hadi, kami juga tengah melakukan pemeriksaan terhadap Kunto Wiryanto, sebagai Kalapas Pemuda, karena ini menyangkut nama baik institusi, " tegasnya.
    Sementara itu ketika disinggung mengenai usulan dari Kunto yang meminta agar Lapas Pemuda dipasangi kawat berduri mengelilingi tembok pagar pembatas Lapas. Imam mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan hal tersebut kepada pihak Kemenkumham pusat.

"Demi mencegah peristiwa kaburnya narapidana terulang kembali, mudah-mudahan pemasangan kawat berduri yang mengelilingi tembok pembatas Lapas Pemuda bisa dilakukan pada 2012 mendatang,"tandasnya. (DRA)