TangerangNews.com

Perayaan Gotong Toapekong akan digelar di Kota Tangerang

| Senin, 24 September 2012 | 18:36 | Dibaca : 1140


Arief Rachadiono Wismansyah (tangerangnews / tangerangnews/dira)



 
TANGERANG-Perayaan ritual 12 tahunan Gotong Toapekong akan kembali di gelar di Kota Tangerang pada 6 Oktober 2012. Ritual budaya Tionghoa ini diselenggrakan Perkumpulan Vihara Boen San Bio  yang akan dipusatkan dikawasan Pasar Lama, Jalan Kisamaun, Kota Tangerang.
 
Panitia acara Yanto mengatakan, acara ini akan dimeriahkan dengan iring-iringan berbagai atraksi budaya, yang akan memenuhi sepanjang Jalan Kali Pasir, belakang Mesjid Agung Al-Ittihad. Dimana acara ini akan dimulai dari pukul 06:30 WIB hingga sore hari. “Iring-iringan budaya akan dilepas di Jalan Kali Pasir dan akan menempuh berbagai rute, lalu finish di Jalan Kisamaun sebagai tempat pusar acara,” ujarnya, Senin (14/9).
 
Menurut Yanto, dengan terwujudnya acara perhelatan budaya akbar ini, berarti perbedaan agama dan budaya di Kota Tangerang masih tetap dijunjung tinggi dengan mengedepankan nilai-nilai kebersamaan. “Selama ini, kerukunan umat beragama di Kota Tangerang telah terjalin dengan baik dan semua penganut agama dapat saling menghormati satu dengan lainnya,” ujarnya.
 
Sementara Wakil Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, Pemkot akan senantiasa memfasilitasi perayaan Gotong Toapekong tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut dapat membangun tali silaturahmi diantara sesama masyarakat Kota Tangerang maupun dengan masyarakat dari berbagai Kota di Indonesia.
 
“Selain itu juga mampu menampilkan berbagai potensi yang ada di Kota Tangerang seperti pariwisata dan keragaman budayanya. Sehingga nantinya dapat menjadi barometer bagi daerah lain dan mampu menjadi aset budaya yang mampu memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat dan kemajuan Kota Tangerang,” ujarnya saat memimpin Rapat Koordinasi dan Persiapan Acara Gotong Toapekong, di Puspemkot.
 
Rencananya, kata Arief, acara ini akan dihadiri sekitar 1800 perwakilan klenteng dari seluruh Indonesia, para tamu undangan seperti para menteri serta pejabat negara lainnya dan berbagai lapisan masyarakat dari kota maupun luar Kota Tangerang .“Kita ingin menjadi tuan rumah yang baik dan berkesan bagi para pengunjung nanti,” paparnya.
 
Arief optimis acara ini akan dapat berjalan dengan aman dan lancar, seperti halnya keberhasilan acara sebelumnya. Oleh karena itu, Arief menginstruksikan kepada SKPD terkait untuk dapat mempersiapkan sebaik mungkin dan saling berkoordinasi dengan pihak panitia.