Connect With Us

Kerja sama Singapura, Sinar Mas Land Bangun TOD Keren di BSD City 

Rangga Agung Zuliansyah | Sabtu, 12 September 2020 | 20:35

Potret kawasan Sinar Mas Land di BSD City dari Udara. (Istimewa / Istimewa)

 

TANGERANGNEWS.com-Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk. memulai kerja sama dengan Mitbana Pte Ltd, sebuah perusahaan patungan antara Surbana Jurong dan Mitsubishi Corporation.

 Kerja sama ini bertujuan membuat pengembangan sebuah transit-oriented development (TOD) berkonsep smart di BSD City, Indonesia. 

Didirikanpada Maret 2019, Mitbana merupakan perusahaan yang berpusat di Singapura dengan fokus untuk pengembangan berskala kota dan TOD di Asia Tenggara dan Asia Selatan. 

Kerja sama antara Sinar Mas Land dan Mitbana akan membuat  pengembangan terintegrasi berbasis TOD berdasarkan tren urban saat ini, khususnya dengan pertimbangan  pasca-pandemi yang berlangsung saat ini. 

Dengan pengalaman dan keahlian dari Surbana Jurong dan Mitsubishi Corporation, Mitbana berkeyakinan untuk mengaklarasi pengembangan tersebut dengan dukungan modal  dari berbagai pihak ketiga. 

Infrastruktur yang baik dalam  pengembangan ini akan turut mendukung pemerintah Indonesia untuk mengelola konektivitas yang baik untuk warga dan para komuter di Jakarta dan Tangerang. 

BSD City adalah pengembangan berskala kota dari Sinar Mas Land di Tangerang, Banten. Pembangunannya dimulai sejak1980-an dan terus berkembang dengan beragam fasilitas, seperti pusat niaga, sekolah, pusat perbelanjaan, rumah sakit, hotel, dan convention centre.

Sejalan dengan pengembangan tersebut , Mitbana akan melakukan akselerasi pengembangan area  residensial, komersial, dan transportasi di lahan seluas lebih dari 100 hektare di BSD City dengan konsep TOD.

 Pengembangan ini dapat turut dinikmati oleh lebih dari 2.000 orang yang sekarang tinggal dan beraktivitas di BSD City.

 BSD City sendiri telah dipercaya sebagai tuan rumah bagi  beragam perusahaan ternama, seperti Apple Developer Academy (yang dijalankan Apple bersama universitas lokal) dan Grab (perusahaan transportasi online dari Singapura).

Michael Widjaja, Group Chief Executive Officer SinarMas Land menyampaikan, pihaknya menyambut baik kerjasama dengan Mitbana untuk memajukan BSD City menjadi kota  pintar yang terintegrasi, terhubung, dan mudah diaksesdari berbagai destinasi. 

“Dengan kerja sama ini, Mitbana akan menjadi mitra pengembang terbesar kami di BSD City. Kami harap kerja sama ini akan memberikan nilai tambah bagi warga BSD City dan sekitarnya. Proyek ini pun dapat menjadi acuan pengembangan TOD di Indonesia.” 

Pengumuman kerja sama ini melengkapi data dari Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia bahwa Singapura menjadi penanam modal asing tertinggi di semester pertama 2020 dengan jumlah 3,4 miliar dollar AS (4,6 miliardollar Singapura) dalam 5.348 proyek. 

Di periode yang sama, Jepang menempati posisi penanam modal asing kedua dengan investasi sejumlah 2,4 miliar dollar AS (3,3 miliar dollar Singapura) melalui 3.708 proyek di Indonesia. 

Kerja sama Mitbana dengan Sinar Mas Land merupakan bukti nyata kepercayaan kedua negara tersebut terhadap perkembangan ekonomi Indonesia dan memperbaharui komitmen ketiga perusahaan dalam sinergi ekonomi. 

Gareth Wong, Chief Executive Officer Mitbana  mengatakan, Indonesia memiliki potensi TOD yang cemerlang di masa depan serta menjadi peluang besar untuk Mitbana. 

“Kami bersemangat mewujudkan visi kita bersama untuk menjadi wadah pengembangan urban terdepan melalui pengembangan kota pintar yang berkesinambungan. Saat dunia sedang berjuang dalam pandemi COVID-19 Mitbanamencari metode yang relevan untuk menjawab kebutuhan dan keinginan masyarakat terhadap lingkungan hidup di masa depan. Oleh sebab itu, kami bekerja sama dengan Sinar Mas Land untuk mendefinisikan dan memberikan solusi urban yang holistik untuk menunjang komunitas dan meningkatkan bisnis di Indonesia. Pengembangan ini akan dilakukan dalam beberapa fase yang akan kami tunjukkan dalam waktu yang akan datang,” ujarnya. 

Kerja sama Mitbana dengan Sinar Mas Land dibangun sejalandengan kolaborasi yang telah terjalin antara Mitsubishi Corporation, Sinar Mas Land, dan Surbana Jurong. Kerjasama dengan Mitsubishi Corporation dilakukan melalui pengembangan kawasan The Zora di BSD City yang merupakan zona hunian eksklusif dengan teknologi smart-home terdepan dari Mitsubishi. 

Di township lain, Sinar Mas Land bekerja sama dengan Citra Mas menunjuk Surbana Jurong dalam pengembangan konsep masterplan Eco Digital Project di Nongsa, Batam, Kepulauan Riau, seluas 62 hektare. 

Dengan pengalaman telah mendesain 26 townships termasuklebih dari satu juta rumah di Singapura, Surbana Jurong memiliki jejak yang luar biasa dalam bidang konsultasi desainurban. 

Grup ini didirikan pada Juni 2015 melalui peleburanusaha dari House Development Board (HDB) dengan Jurong Town Corporation (JTC) yang memainkan peranan pentingsejak awal pembangunan perumahan dan industri di Singapura. Hingga saat ini, Surbana Jurong terusberkontribusi secara signifikan untuk mengembangkankawasan urban di Singapura dengan proyek perumahan, jalan, bandar udara, ruang bawah tanah, kawasan pesisir, dan infrastruktur utama lain.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

KOTA TANGERANG
Naik 20%, Volume Sampah di Kota Tangerang Tembus 1.800 Ton Selama Libur Lebaran 2024

Naik 20%, Volume Sampah di Kota Tangerang Tembus 1.800 Ton Selama Libur Lebaran 2024

Selasa, 16 April 2024 | 10:03

Volume sampah di Kota Tangerang mengalami peningkatan 20 persen atau sebanyak 1.800 ton per hari selama libur Lebaran 2024.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

HIBURAN
Jadwal Nonton dan Harga Tiket Film Siksa Kubur di Bioskop Tangerang Kamis 11 April 2024

Jadwal Nonton dan Harga Tiket Film Siksa Kubur di Bioskop Tangerang Kamis 11 April 2024

Kamis, 11 April 2024 | 06:53

Sutradara kawakan Joko Anwar mengeluarkan karya ke-10 dalam penyutradaraannya bertajuk "Siksa Kubur".

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill