Connect With Us

Milenial Mau Nyicil Rumah? Perhatikan Hal Ini

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 16 Juli 2021 | 12:17

Ahli Properti dan Pembiayaan Pinhome. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Memiliki hunian pribadi adalah impian bagi setiap orang, tak terkecuali generasi milenial. Harga properti yang kian naik dari tahun ke tahun terkadang menjadi pertimbangan sulit bagi sebagian masyarakat ketika memilih antara menyewa atau mulai mencicil rumah terlebih dahulu.

Ahli Properti dan Pembiayaan Pinhome, Vina, mengatakan langkah awal untuk menentukan kepemilikan properti adalah dengan mengetahui dulu tujuan kepemilikannya. Sedikitnya ada dua prioritas utama yang dapat dijadikan acuan, yakni properti sebagai hunian atau sebagai investasi.

Properti Sebagai Hunian

Jika tujuan membeli properti untuk hunian, hal pertama yang harus Anda tentukan adalah lokasinya harus sesuai dengan mobilitas. Tentukan juga apakah rumah atau apartemen itu sesuai dengan kriteria jangka panjang dan jangka pendek Anda.

"Lalu tentukan metode pembiayaan meliputi berapa budget yang harus kita siapkan, serta tentukan pula jenis properti yang diinginkan,” jelas Vina.

Properti Sebagai Investasi

Jika tujuan beli properti adalah untuk investasi, Vina menyarankan untuk mencari lokasi yang berpotensi akan berkembang di masa depan. Alasannya karena keuntungannya akan jauh lebih besar.

Investasi properti itu adalah investasi jangka panjang, jadi jangan berharap mendapat (keuntungan) hanya dari dua atau tiga tahun pertama.

"Tapi nanti saat kita jual enam hingga tujuh tahun lagi, kita mendapat harga yang lumayan besar karena dekat dengan akses-akses tertentu seperti mall dan jalan tol,” terangnya dalam siaran pers yang diterima TangerangNews, Jumat 16 Juli 2021.

Kendati demikian, Vina belum menyarankan para fresh graduate atau milenial yang baru memasuki dunia kerja untuk membeli properti. Alasannya, dibutuhkan komitmen tinggi dalam mengalokasikan budget untuk membayar DP maupun cicilan.

“Kalau untuk (mahasiswa) yang baru lulus atau baru menjajaki dunia kerja, aku belum menyarankan membeli properti. Jika belum mencukupi secara finansial, aku menyarankan sewa aja dulu. Apalagi saat ini kita sudah bisa sewa apartemen atau sewa rumah (untuk tinggal) bareng teman-teman,” kata Vina.

Trik Membeli Properti

Vina juga membagikan trik bagi milenial yang baru pertama kali ingin membeli properti. Sebelum membeli, cobalah belajar mencicil budget DP selama satu atau dua tahun dengan menyisihkan sekian persen dari gaji rutin setiap bulan.

Misalnya, pisahkan 30 persen dari gaji setiap bulan lalu disimpan di tabungan. Sehingga bisa belajar, apakah Anda dapat disiplin untuk menabung.

"Nanti kalau sudah berhasil, sudah bisa nabung, kita sudah punya gambaran berapa jumlah (uang) yang akan dikeluarkan. Bedanya, kalau di awal-awal kita nabung untuk DP rumah, maka setelah itu kita sisihkan uang untuk bayar cicilannya,” pungkas Vina.

Jika memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang properti atau ingin berkonsultasi langsung dengan property expert, Pinhome memiliki Komunitas Property Academy yakni ruang edukasi properti gratis yang dapat diakses melalui situs www.pinhome.id.

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

BANDARA
Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:54

TANGERANGNEWS.com-Pihak Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menyebut kecelakaan yang kerap terjadi di Jalur Perimeter disebabkan karena human error atau kelalaian pengendara.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill