Connect With Us

Simak 7 Tips Ini Sebelum Miliki Rumah di BSD

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 22 November 2022 | 12:11

| Dibaca : 96

Ilustrasi hunian di BSD, Kota Tangsel. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Bumi Serpong Damai (BSD) yang berada di wilayah Tangerang Selatan (Tangsel) merupakan pilihan incaran para pencari rumah, lantaran lokasinya yang strategi serta fasilitas sarana dan pra sarananya yang lengkap.

Namun, perlu diperhatikan karena memilih rumah di daerah yang memiliki fasilita lengkap tentunya membutuhkan biaya besar, hal ini harus disesuaikan dengan budget.

Setiap calon pembeli harus memahami kondisi perekonomiannya masing-masing agar ketika memutuskan untuk memilih rumah di wilayah BSD, tidak mengganggu kehidupan sehari-harinya nanti.

Terlebih, kini harga rumah di BSD telah mengalami kenaikan sehingga perlu perhitungan yang matang dari calon pembeli.

Berikut adalah tips sebelum memutuskan memiliki rumah di BSD seperti dilansir dari langit7.id, Selasa 22 November 2022:

 

1. Pastikan kondisi ekonomi

Calon pembeli perlu memikirkan matang-matang sebelum memilih rumah agar tidak mengganggu kehidupan sehari-hari. Bila perlu, konsultasikan persoalan ini dengan pasangan atau orang terdekat terlebih dulu. Sebab, memiliki rumah idaman tentunya memerlukan biaya yang tak sedikit.

 

2. Kenali properti yang akan dibeli

Sebelum memutuskan untuk membeli, perlu untuk mengetahui rumah yang akan dibeli. Hal ini bertujuan untuk menetapkan target, seperti biaya yang harus dikumpulkan, preferensi, dan tipe properti yang dibutuhkan.

 

3. Menyelesaikan cicilan yang ada

Pastikan sebelum membeli rumah agar menyelesaikan segala cicilan atau hutang yang ada. Pasalnya, tunggakan-tunggakan ini dapat membebani pengeluaran saat membayar kebutuhan properti bagi para calon pembeli nantinya.

 

4. Menyiapkan budget

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan budget atau dana yang sekiranya diperlukan. Lantaran merupakan kawasan elit, hunian di daerah BSD memerlukan sekitar ratusan juta hingga miliaran rupiah, tergantung dari lokasi, tipe, dan pengembang.

Dana bisa didapatkan dari tabungan, investasi yang telah dilakukan, atau penghasilan. Cermat dalam mengelola keuangan adalah kunci untuk bisa memiliki hunian impian.

 

5. Tabungan untuk DP dan dana darurat

Tabungan yang dialokasikan untuk dana darurat dan pembayaran DP sekitar 25 persen hingga 30 persen dari total harga rumah yang diinginkan sangatlah penting.

Sebab, seperti yang sudah diketahui, harga rumah di BSD bisa mencapai ratusan juta hingga milyaran. Oleh karena itu, dengan memiliki tabungan ini, diharapkan akan meringankan pengeluaran dari calon pembeli.

 

6. Pilih developer terpercaya

Cermati developer dengan melakukan background check seperti apa yang terdapat pada daerah tersebut dan bagaimana kredibilitasnya. Transaksi properti tentu akan melibatkan sejumlah uang dalam jumlah yang besar, oleh karena itu, dengan memilih developer tepercaya. Dapat meningkatkan keamanan dalam proses transaksi

Pasalnya, seperti diketahui BSD terdiri dari banyak sekali properti, mulai dari rumah, apartemen, dan lain sebagainya. Begitu pula dengan jasa developernya, hal ini justru menimbulkan kebingungan dalam memilih developer mana yang bisa memberikan pelayanan terbaik, jujur, dan tepercaya. 

 

7. Opsi KPR terbaik

KPR adalah salah satu solusi bagi para calon pembeli untuk membantu melunasi pembayaran rumah. 

Terdapat dua tipe KPR yakni, KPR jangka pendek dan KPR jangka panjang. Rata-rata harga rumah di BSD cukup tinggi sehingga tipe KPR jangka panjang dianjurkan bagi para calon pembeli.

Memiliki rumah merupakan impian setiap orang, tetapi proses untuk mencapainya pun sangat panjang dan banyak sekali faktor-faktor yang harus dipertimbangkan secara rasional dan matang.

 

Namun, semua hal tersebut tidaklah mustahil bila calon pembeli memiliki kesabaran dan manajemen keuangan yang baik.

AYO! TANGERANG CERDAS
Hasil Karya Mahasiswi Tangerang jadi Maskot Resmi Pemilu 2024

Hasil Karya Mahasiswi Tangerang jadi Maskot Resmi Pemilu 2024

Sabtu, 26 November 2022 | 17:29

TANGERANGNEWS.com-Stephanie, mahasiswi Universitas Pradita, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, berhasil memenangkan Lomba Maskot Pemilu 2024 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI).

WISATA
5 Rekomendasi Sayur Asem di Tangerang, Dijamin Segar

5 Rekomendasi Sayur Asem di Tangerang, Dijamin Segar

Jumat, 2 Desember 2022 | 16:09

TANGERANGNEWS.com-Sayur asem merupakan salah satu jenis makanan yang kerap hadir menjadi menu andalan di warung-warung makan pinggir jalan.

BANTEN
Puncak Nataru Pelabuhan Merak Diprediksi Padat, Otoritas Siapkan Pelabuhan Alternatif

Puncak Nataru Pelabuhan Merak Diprediksi Padat, Otoritas Siapkan Pelabuhan Alternatif

Kamis, 8 Desember 2022 | 19:24

TANGERANGNEWS.com-Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, Pelabuhan Merak di Kota Cilegon, Provinsi Banten diprediksi padat, pada puncak libur di tanggal 16, 23, dan 30 Desember 2022.

TEKNO
Daftar Aplikasi Alternatif Pengganti WhatsApp saat Error

Daftar Aplikasi Alternatif Pengganti WhatsApp saat Error

Kamis, 8 Desember 2022 | 15:18

TANGERANGNEWS.com-WhatsApp merupakan aplikasi komunikasi yang paling banyak digunakan di Indonesia. Aplikasi ini dimiliki oleh Meta Inc yang sebelumnya disebut dengan Facebook.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill