Connect With Us

5 Tips Ciptakan Rumah Impian Tampilan Minimalis

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 9 Maret 2023 | 08:07

| Dibaca : 516

Ilustrasi ruangan rumah minimalis (@TangerangNews / Istimewa)

 

TANGERANGNEWS.com- Memiliki rumah dengan desain yang minimalis merupakan mimpi sebagian orang. Selain sifatnya yang timeless, rumah dengan desain minimalis juga sangat sesuai dengan keluarga dengan anggota rumah yang tidak banyak.

 

Namun, tahukah Anda? Rumah dengan desain minimalis ternyata juga memiliki beberapa tahapan yang perlu dijalani! Mulai dari mencari furniture minimalis, hingga pemilihan cermin. Di bawah ini terdapat beberapa tips untuk membuat rumah minimalis sesuai dengan trend saat ini!

Tips Desain Rumah Desain Minimalis

1. Pilih Furniture dengan Desain Minimalis

Dalam mewujudkan rumah yang minimalis maka Anda pun harus memilih furniture dengan desain yang minimalis juga. Semisal memilih meja dengan warna netral seperti putih, coklat muda, atau mungkin hitam.

Tidak hanya dari segi desain saja yang perlu dilihat, melainkan dari segi fungsi pun juga. Pembelian furniture untuk konsep rumah minimalis harus mempertimbangkan fungsinya juga, ada baiknya Anda membeli furniture yang multifungsi untuk mengoptimalkan ruang rumah Anda agar tidak kelihatan sempit.

Contoh, jika Anda membeli meja maka lihat apakah meja tersebut bisa dijadikan sebagai tempat penyimpanan barang sekaligus. Pilih meja dengan storage yang lega agar Anda bisa memanfaatkannya untuk menyimpang barang-barang Anda, seperti makanan ringan, buku, atau pernak-pernik lainnya.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu mempertimbangkan jenis furniture lainnya. Apalagi jika hendak membeli furniture untuk kamar tidur. Belilah dipan yang juga memiliki storage, sehingga kamar Anda atau anggota keluarga lainnya terasa lebih lega karena tak harus memiliki lemari banyak ataupun besar untuk menyimpan baju atau barang lainnya. 

Sebagai referensi, Anda bisa melihat furniture minimalis tersebut di e-commerce yang tersedia, seperti Blibli. Dengan begitu Anda tidak perlu repot-repot datang ke toko untuk melihat barangnya, bisa lewat smartphone saja. Bahkan pembeliannya pun bisa melalui Blibli juga!

2. Pertimbangkan Ruang Terbuka

Trend rumah minimalis saat ini adalah dengan adanya ruangan terbuka. Hal ini berfungsi untuk membuat rumah terasa lebih lega dengan sirkulasi yang baik.

Tidak hanya itu, dengan adanya ruangan terbuka pada rumah Anda, cahaya matahari pun akan masuk ke dalam rumah dan tentunya ini merupakan hal yang baik untuk anggota keluarga dan rumah Anda.

Anda tidak perlu repot-repot menghidupkan lampu pada siang hari karena sudah ada bantuan sinar matahari. Ditambah jika cuaca sedang berangin, Anda tidak perlu menghidupkan kipas angin atau AC untuk membuat ruangan Anda sejuk, sudah ada angin sepoi-sepoi yang masuk ke dalam rumah.

Selain menghadirkan desain yang minimalis, ruangan terbuka ini memiliki manfaat lainnya yakni dapat menghemat listrik. Namun penting juga untuk melihat posisi ruangan terbuka. 

Apakah di samping rumah, di belakang rumah, atau posisi lainnya. Biasanya seorang arsitek yang membuat rumah Anda akan mempertimbangkan posisi mana yang baik untuk dijadikan ruangan terbuka. Namun juga membuat rumah tanpa bantuan seorang arsitek, maka Anda perlu melakukan research terlebih dahulu agar tidak salah pilih posisi.

3. Pilih Warna Cat yang Netral

Tips berikutnya adalah memilih warna cat yang netral. Walau banyak orang yang mengatakan bahwa warna cat yang netral untuk rumah itu membosankan, maka itu tidak benar. 

Artinya Anda tidak memadupadankan warna-warna tersebut dengan baik. Padahal menurut beberapa ahli atau pengamat warna rumah, warna netral yang dikombinasikan agar terlihat sangat menarik dan memberikan kesan minimalis yang tidak membosankan. 

Warna netral juga dipercaya membuat rumah lebih nyaman dan hangat, pasalnya warna-warna yang dipakai tidak mencolok atau membuat mata sakit. Selain itu, akan lebih mudah dipasangkan pada perabotan Anda yang memiliki corak. 

Semisal karpet, sofa, lampu, dan lainnya. Anda tidak perlu repot-repot memikirkan hal tersebut karena pada dasarnya warna netral akan masuk ke corak mana pun. 

Oh iya, keuntungan warna netral lainnya adalah dapat menghemat pengeluaran Anda. Wah, bagaimana maksudnya? Warna netral memiliki sifat yang timeless dan klasik alias akan selalu relevan dan tidak ketinggalan zaman. 

Maka dari itu, Anda tidak perlu repot-repot mengganti cat warna setiap tahunnya, selama cat warna masih bagus dan aman. Sebab sifat dari warna netral tak lekang oleh waktu! 

4. Kolaborasikan Unsur Alam pada Ruangan

Mengkombinasikan unsur alam di sini bukan berarti membawa atau menanam pohon di dalam rumah, ya! Artinya, Anda bisa meletakkan tumbuhan atau tanaman hias yang memiliki ukuran kecil pada beberapa sudut rumah Anda atau mungkin sekedar diletakkan pada meja. 

Kombinasi tumbuhan atau tanaman hias akan membantu memberi look minimalis Anda tidak terasa monoton. Apalagi jika Anda rutin mengganti tanaman tersebut, seperti bunga kering contohnya. 

Adanya tanaman pada rumah Anda juga dipercaya merupakan hal yang baik karena dapat membantu penyaringan udara kotor, namun harus pilih-pilih jenis tanaman apa yang baik untuk diletakkan dalam rumah mana yang tidak. 

Jangan juga meletakkan tanaman di samping tempat tidur Anda karena akan terjadinya perebutan oksigen antara Anda dengan tanaman dan akan berdampak pada kualitas tidur Anda.

5. Gunakan Cermin

Fungsi cermin sudah jelas sebagai media untuk bercermin di rumah. Namun selain itu, ada lagi loh! Cermin juga memiliki fungsi lainnya yakni dapat membuat rumah Anda terlihat lebih luas. 

Bukan berarti ruangan Anda akan tiba-tiba bertambah luasnya, melainkan ilusi yang dipantulkan cermin ini akan membuat tampilan rumah Anda terlihat lebih luas. Selain itu, bisa membuat rumah terlihat lebih terang dan bercahaya sebab memantulkan cahaya. Cocok bagi Anda yang gemar jika rumahnya terlihat terang.

 

 

Sudah punya gambaran rumah impian Anda berdesain minimalis? Jangan lupa untuk beli keperluan rumah impian Anda, seperti furniture minimalis hanya dari Blibli, ya! 

 

KAB. TANGERANG
Layangkan SP 3, Satpol PP Bakal Bongkar Bangunan di Pasar Kutabumi Tangerang

Layangkan SP 3, Satpol PP Bakal Bongkar Bangunan di Pasar Kutabumi Tangerang

Minggu, 3 Desember 2023 | 14:10

TANGERANGNEWS.com- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tangerang melayangkan surat peringatan (SP) ketiga terhadap para pedagang yang masih nekat berjualan di Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis,

AYO! TANGERANG CERDAS
Pahlawan Tanpa Tanda Jasa, Simak 5 Ide Hadiah untuk Hari Guru

Pahlawan Tanpa Tanda Jasa, Simak 5 Ide Hadiah untuk Hari Guru

Sabtu, 25 November 2023 | 10:47

TANGERANGNEWS.com- Guru merupakan profesi yang mulia, bahkan dijuluki sebagai Pahlawan Tanpa Tanda Jasa. Sebab, guru berperan penting dalam mendidik dan memberikan pengetahuan kepada murid-muridnya hingga siap merajut masa depan.

BISNIS
Doodle Baby Lotion Kemasan 200 Gram Jadi Incaran Para Ibu di IMBEX 2023

Doodle Baby Lotion Kemasan 200 Gram Jadi Incaran Para Ibu di IMBEX 2023

Minggu, 3 Desember 2023 | 23:38

TANGERANGNEWS.com-Sebagai pemilik brand perawatan bayi yang mumpuni, Doodle Exclusive Baby Care terus berinovasi menghadirkan produk-produk yang mampu menjawab kebutuhan para ibu.

TANGSEL
SPBU Pertamina di Rawa Buntu Tangsel Kebakaran

SPBU Pertamina di Rawa Buntu Tangsel Kebakaran

Senin, 4 Desember 2023 | 02:04

TANGERANGNEWS.com-Insiden kebakaran terjadi di SPBU Pertamina di Jalan Raya Rawa Buntu, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, Minggu 3 Desember 2023, malam.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill