Connect With Us

Berhasil Kelola 2.304 Ton Sampah di BSD Tangerang, Sinar Mas Land Raih Award4Change

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 6 Juni 2024 | 02:53

Penyerahan penghargaan bergengsi Award4Change “Circular Township Award” kepada Sinas Mas Land dari Waste4Change, Rabu 5 Juni 2024. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Sinar Mas Land, melalui proyek townshipnya BSD City, menerima penghargaan bergengsi Award4Change “Circular Township Award” karena dinilai berhasil mengelola 2.304,4 ton sampah dari masyarakat di kawasan tersebut.

Penghargaan yang bertepatan pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, diberikan langsung oleh Edi Rivai, Board of Director Waste4Change kepada M Reza Abdulmajid, Chief Risk & Sustainability Officer Sinar Mas Land, di Marketing Gallery BSD City, Rabu 5 Juni 2024.

Award4Change merupakan ajang penghargaan tahunan yang konsisten diselenggarakan sejak tahun 2020.

Penghargaan ini diberikan kepada berbagai pemangku kepentingan multisektor termasuk kementerian, swasta, BUMN, kedutaan negara sahabat, hingga NGO (non-governmental organization), yang dianggap memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan menjalankan pembangunan berkelanjutan. 

M Reza Abdulmajid, Chief Risk & Sustainability Officer Sinar Mas Land menyatakan bukan perkara mudah untuk menangani permasalahan pengolahan sampah.

Karena itu, Sinar Mas Land terus berkomitmen dalam menyediakan solusi inovatif untuk pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

"Salah satunya menggandeng Waste4Change, sebagai perusahaan penyedia layanan pengelolaan sampah yang dapat membantu mengelola sampah secara optimal dan bertanggung jawab, guna mengurangi produksi sampah berakhir di TPA," jelasnya.

Menurutnya, diperlukan kerja sama dan sinergi dengan berbagai stakeholders untuk mencapai hal baik tersebut. "Semoga kerjasama ini terus berjalan sehingga memberikan dampak positif bagi masyarakat luas," terangnya.

M Bijaksana Junerosano, Founder & CEO Waste4Change menambahkan pihaknya mengapresiasi komitmen BSD City dalam mengimplementasikan praktik baik pengelolaan sampah yang bertanggung jawab.

Semoba hal ini menjadi fenomena teladan untuk Indonesia bahwa dengan kolaborasi dan kesungguhan demi bumi lestari, ekosistem sehat dan berkelanjutan adalah sebuah keniscayaan.

"Penghargaan ini merupakan momen World Environment Day 2024 terbaik tahun ini, wujud nyata bahwa dengan circular township maka sampah yang sejatinya material, bukan lagi menjadi masalah, melainkan sumber daya yang turut menggerakkan perekonomian bangsa," terangnya.

Bijaksana menjelaskan Sinas Mas Land melalui BSD City sejak Januari 2023 telah berkolaborasi dengan Waste4Change, guna melakukan pengelolaan sampah.

Berdasarkan catatannya, total sampah yang dikelola Waste4Change di BSD City mencapai 2.304,4 ton yang berasal dari 3.244 ruma dan  4 tower area komersial.

"Dari pengolahan sampah tersebut, sebanyak 515,3 ton sampah sisa makanan diubah menjadi protein maggot dan kompos, serta 356,4 ton sampah didaur ulang menjadi material baru bermanfaat," jelasnya.

Sementara pengolahan sampah tersebut setara dengan pengurangan karbon sebesar 163,1 ton CO2-eq/tahun, sehingga turut berkontribusi pada upaya mitigasi perubahan iklim melalui pengurangan emisi karbon.

HIBURAN
Curi Perhatian, Ini Penjelasan Sutradara Soal Peran Si Kucing Frodo di Film A Quiet Place: Day One

Curi Perhatian, Ini Penjelasan Sutradara Soal Peran Si Kucing Frodo di Film A Quiet Place: Day One

Kamis, 4 Juli 2024 | 11:14

Film bergenre thriller A Quiet Place: Day One menampilkan peran seekor kucing bernama Frodo yang berusaha bertahan hidup di New York City yang dilanda serangan alien.

SPORT
Kota Tangerang Unggul Telak Perolehan Medali Sementara PEPARPEDA VIII Banten 2024

Kota Tangerang Unggul Telak Perolehan Medali Sementara PEPARPEDA VIII Banten 2024

Kamis, 4 Juli 2024 | 11:30

Kota Tangerang kembali mengungguli perolehan medali sementara Pekan Paralympic Pelajar Daerah (PEPARPEDA) VIII Banten.

NASIONAL
Waduh, Orang Indonesia Sering Konsumsi Plastik dari 5 Sumber Ini

Waduh, Orang Indonesia Sering Konsumsi Plastik dari 5 Sumber Ini

Jumat, 5 Juli 2024 | 22:37

Plastik telah menjadi bagian integral dari kehidupan modern. Namun, tanpa disadari, plastik juga masuk ke dalam tubuh setiap hari dari berbagai sumber yang kerap ditemui

KAB. TANGERANG
Pj Bupati Tangerang Klaim Telah Kirim Atlet Terbaik dalam PEPARPEDA VIII Banten 2024

Pj Bupati Tangerang Klaim Telah Kirim Atlet Terbaik dalam PEPARPEDA VIII Banten 2024

Jumat, 5 Juli 2024 | 01:25

Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony mengklaim telah mengirimkan atlet-atlet terbaiknya untuk bersaing di Peparpeda VIII Tingkat Provinsi Banten.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill