Connect With Us

Cara Menata Ruang Sempit Jadi Terlihat Luas, Ini 9 Tipsnya

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 16 Oktober 2024 | 10:21

Ilustrasi dekorasi ruangan sempit (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Memiliki hunian berukuran kecil seringkali membuat pemiliknya merasa terbatas dalam menata ruang. Ruangan yang sempit, apalagi dipenuhi banyak perabot, biasanya terasa semakin sesak. 

Padahal, dengan penataan yang tepat, ruang sempit bisa tetap nyaman dan terlihat lebih luas. 

Berikut 9 tips untuk menata ruang sempit agar terlihat lebih lega dan nyaman dikutip dari kanal YouTube RESEP & INSPIRASI, Rabu, 16 Oktober 2024.

1. Gunakan Warna Cerah

Pemilihan warna sangat berpengaruh pada kesan luas atau sempitnya sebuah ruangan. Warna-warna cerah seperti putih, hijau muda, biru muda, atau pastel mampu memberikan ilusi ruangan yang lebih lapang. Warna cerah memantulkan cahaya, membuat ruangan terlihat lebih terang dan segar.

2. Pilih Perabot Multifungsi

Memilih furnitur yang memiliki lebih dari satu fungsi adalah kunci untuk menghemat ruang. Gunakan sofa dengan laci di bawahnya atau meja yang dilengkapi dengan ruang penyimpanan. Ini membantu menjaga barang-barang tetap rapi dan tidak berantakan, serta memaksimalkan ruang yang tersedia.

3. Desain Plafon dengan Tepat

Plafon yang tinggi dapat memberikan ilusi ruangan lebih luas. Pastikan jarak antara lantai dan plafon dibuat setinggi mungkin. Gunakan warna-warna cerah atau putih pada plafon, serta tambahkan lampu LED untuk menciptakan suasana yang lebih terang dan nyaman.

4. Pasang Cermin di Dinding

Cermin dapat memberikan efek ruang yang lebih besar. Pantulan cahaya dari cermin membuat ruangan terasa lebih luas dan terang. Tempatkan cermin di dinding, baik di ruang tamu, kamar tidur, maupun kamar mandi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Gunakan Jendela dan Tirai Tinggi

Sirkulasi udara yang baik akan membuat ruangan terasa lebih segar. Pasang jendela besar dengan tirai tinggi untuk memberikan kesan ruang yang lebih luas secara vertikal. Cahaya alami yang masuk juga akan membuat ruangan tampak lebih cerah.

6. Hindari Dekorasi yang Berlebihan

Dekorasi yang terlalu banyak justru akan membuat ruangan terasa penuh dan sumpek. Gunakan dekorasi yang sederhana dan hindari motif yang terlalu ramai. Jika ingin menggunakan wallpaper, pilih bagian dinding yang tidak mendominasi ruangan agar tetap terkesan luas.

7. Manfaatkan Rak Dinding

Daripada menggunakan lemari besar, cobalah memanfaatkan rak dinding. Rak dinding dapat digunakan untuk menyimpan berbagai barang, sekaligus membuat ruangan terlihat lebih rapi. Pilih rak dengan desain minimalis agar tetap terlihat cantik dan fungsional.

8. Pertimbangkan Ruangan Mezzanine

Jika rumah memiliki langit-langit yang cukup tinggi, kamu bisa menambahkan mezzanine. Ruangan mezzanine bisa dimanfaatkan sebagai ruang tidur atau ruang kerja di bagian atas, sementara area bawah bisa dijadikan dapur atau ruang tamu.

9. Gunakan Konsep Ruangan Terbuka

Jika ingin menciptakan kesan ruang yang luas, hindari terlalu banyak sekat di dalam rumah. Konsep ruang terbuka, di mana area seperti dapur dan ruang tamu tidak dipisahkan oleh dinding, akan memberikan kesan ruangan yang lebih lega. Gunakan perabot seperti sofa atau partisi sebagai pembatas jika diperlukan.

Itulah 9 tips menata ruang sempit agar terlihat lebih luas dan nyaman. Semoga tips ini bermanfaat. 

BANDARA
Jelang Pelantikan Presiden, Begini Kesiapan Bandara Soekarno-Hatta Sambut Tamu Negara

Jelang Pelantikan Presiden, Begini Kesiapan Bandara Soekarno-Hatta Sambut Tamu Negara

Sabtu, 19 Oktober 2024 | 17:21

Bandara Internasional Soekarno-Hatta siap menyambut tamu-tamu negara, yang akan menghadiri pelantikan Presiden Indonesia terpilih yang akan dilantik pada tanggal 20 Oktober 2024.

KAB. TANGERANG
Pemkab Tangerang Uji Teknologi AWS Pyrolisis untuk Atasi Masalah Sampah

Pemkab Tangerang Uji Teknologi AWS Pyrolisis untuk Atasi Masalah Sampah

Selasa, 22 Oktober 2024 | 23:48

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang tengah menguji Teknologi AWS Pyrolisis di Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS 3R) Mustika Ikhlas.

PROPERTI
Permudah Urus PBG, Dinas Perkimtan Sediakan Desain Rumah Gratis

Permudah Urus PBG, Dinas Perkimtan Sediakan Desain Rumah Gratis

Selasa, 22 Oktober 2024 | 17:12

Pemerintah Kota Tangerang tengah mempersiapkan kabar baik bagi masyarakat yang ingin membangun rumah untuk memudahkan dalam mengurus perizinan bangunan gedung atau PBG.

AYO! TANGERANG CERDAS
100 Guru SMP di Kota Tangerang Ikut Bela Negara, Nurdin: Songsong Indonesia Emas 2045

100 Guru SMP di Kota Tangerang Ikut Bela Negara, Nurdin: Songsong Indonesia Emas 2045

Kamis, 17 Oktober 2024 | 12:44

Sebanyak 100 guru SMP Negeri dan Swasta di Kota Tangerang mengikuti kegiatan Bela Negara yang digelar di BBPPMPV Bispar, Depok, Rabu, 16 Oktober 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill