Connect With Us

Permudah Urus PBG, Dinas Perkimtan Sediakan Desain Rumah Gratis

Redaksi | Selasa, 22 Oktober 2024 | 17:12

Ilustrasi rumah second. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com - Pemerintah Kota Tangerang tengah mempersiapkan kabar baik bagi masyarakat yang ingin membangun rumah untuk memudahkan dalam mengurus perizinan bangunan gedung atau PBG.

Dinas Perumahan, Permukiman, dan Pertanahan (Perkimtan) Kota Tangerang sedang merancang prototipe desain rumah sederhana yang akan diberikan secara gratis.

Desain ini dilengkapi dengan gambar-gambar teknis yang lengkap, seperti struktur bangunan, tata letak ruangan, hingga instalasi listrik dan pipa air. 

Kepala Dinas Perkimtan  Decky P. Koesrindartono mengatakan, desain ini ditujukan untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus perizinan bangunan gedung (PBG).

Ia menjelaskan bahwa desain ini akan mencakup seluruh gambar teknis yang dibutuhkan, mulai dari struktur bangunan, arsitektur, hingga instalasi listrik dan air.

"Dengan adanya desain standar ini, masyarakat tidak perlu lagi repot mencari arsitek. Mereka tinggal memilih desain yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran," ujar Decky.

Program ini ditargetkan untuk masyarakat yang memiliki lahan dengan luas di bawah 100 meter persegi. Rencananya, desain-desain ini akan tersedia pada tahun 2025.

Kepala Bidang P2BP, Ii Nurul Komarudin juga mengakatan, program ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat yang seringkali kesulitan dalam membuat desain bangunan sendiri, serta menghadapi biaya tinggi jika harus menyewa jasa desainer bangunan profesional. 

Dengan adanya prototype desain yang disediakan secara gratis oleh Dinas Perkimtan, diharapkan masyarakat akan lebih mudah dalam mengurus PBG.

"Sering kali, masyarakat mengeluhkan biaya yang harus dikeluarkan untuk jasa desain bangunan. Maka dari itu, kami mencoba memberikan solusi dengan menyediakan desain bangunan yang bisa dipilih masyarakat secara gratis," pungkasnya.

HIBURAN
Gaji Rp4 Juta UMK Tangerang, Berapa Lama untuk Kumpulkan Rp300 Juta? Ini Skemanya

Gaji Rp4 Juta UMK Tangerang, Berapa Lama untuk Kumpulkan Rp300 Juta? Ini Skemanya

Senin, 14 Oktober 2024 | 05:28

Mendapatkan rumah impian di era sekarang terasa seperti mimpi yang sulit diwujudkan, terutama bagi yang memiliki gaji pas-pasan. Namun, bukan berarti tidak mungkin.

NASIONAL
Ingin Tahu Kandungan Bahan pada Amaterasun Sunscreen?

Ingin Tahu Kandungan Bahan pada Amaterasun Sunscreen?

Senin, 21 Oktober 2024 | 18:00

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa sunscreen merupakan salah satu produk perawatan kulit yang wajib dimiliki, terlebih bagi mereka yang sering beraktivitas di luar ruangan.

KOTA TANGERANG
Bawaslu dan Pokja WHTR Gelar Ngobrol Cerdas Soal Pengawasan Pilkada

Bawaslu dan Pokja WHTR Gelar Ngobrol Cerdas Soal Pengawasan Pilkada

Selasa, 22 Oktober 2024 | 17:08

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangerang bersama Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Harian Tangerang Raya (WHTR) menggelar Ngobrol Cerdas.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill