Connect With Us

Elkan Baggott, Bintang Timnas Indonesia yang Besar di Bintaro Tangsel

Tim TangerangNews.com | Rabu, 22 Desember 2021 | 09:04

Pemain naturalisasi Elkan Baggot membela Tm Indonesia. (@TangerangNews / PSSI)

TANGERANGNEWS.com–Belakangan nama Elkan Baggott membetot perhatian publik sepak bola di Tanah Air.  Salah satu bintang Timnas Indonesia ini menjadi perbincangan hangat warganet. 

Bahkan Elkan masuk ke dalam trending topic Twitter di bawah nama lainnya seperti Arhan Pratama dan Safee Sali. Pemain naturalisasi ini makin melambung namanya kala Timnas Indonesia melumat Malaysia dengan skor telak 4-1 pada laga Piala AFF 2020 yang diselenggarakan di Singapura.

Elkan adalah salah satu pemain keturunan Indonesia yang lahir di Bangkok, Thailand, dan berkewarganegaraan Indonesia, Inggris. Meski pemain jangkung berpostur 194 sentimeter ini lahir di Thailand, namun Elkan tidak pernah tinggal di Negara Gajah Putih itu.  

Sebab, ibu kandung Elkan berasal dari Indonesia, sedangkan sang ayah berasal dari Inggris. Elkan, yang saat ini tercatat masuk dalam skuad tim klub kasta ketiga Liga Inggris, lpswich Town, cukup lama tinggal di Indonesia. 

Elkan pernah bersekolah di British School of Jakarta pada 2008. Ia juga sempat tinggal di Bintaro, Tangerang Selatan, sampai 2011 sebelum diboyong orang tuanya ke Inggris.

Pemilik nama lengkap Elkan William Tio Baggott yang lahir pada 23 Oktober itu bisa bergabung ke Timnas Indonesia setelah namanya santer diberitakan. Karier sepak bola Elkan di Inggris terdengar sampai ke telinga pelatih Timnas Indonesia saat ini, Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong lantas memanggil Elkan untuk segera datang ke Indonesia untuk bermain bersama Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan dalam gelaran Piala AFF 2020 yang saat ini tengah berlangsung di Singapura. 

Di perhelatan Piala AFF ini menjadi ajang Elkan untuk membuktikan kelasnya sebagai pemain yang merumput di Eropa. Elkan bersinar saat membantu Timnas Indonesia dengan menyumbangkan satu gol saat skuad Garuda membungkam Malaysia. 

Setelah sebelumnya melewati serangkaian proses yang cukup panjang, Elkan yang pada akhirnya kini sudah resmi menjadi WNI, sekarang bisa membela Timnas Indonesia di pertandingan resmi seperti halnya Piala AFF 2020.

Elkan sendiri mengaku bangga bisa menjadi bagian dari Timnas Merah-Putih. Timnas Indonesia yang didukung oleh suporter yang luar biasa mampu memberikan kehangatan untuk Elkan. Hal itu yang menjadi salah satu faktor Elkan memutuskan memilih Indonesia ketimbang Inggris. 

"Saya memilih Indonesia, karena pertama keluarga. Saya bangga merepresentasikan negara keluarga saya di Indonesia," ucap Elkan Baggott, dari laman resmi PSSI, Minggu 19 Desember 2021.

Alasan kedua, tutur Elkan, karena fans sepak bola di Indonesia membuat dirinya merasa seperti di rumah sendiri. 

“Saya sangat terkesan. Dibandingkan dengan di Inggris, di Indonesia ada banyak sekali fans yang memberikan rasa cinta. Pengalaman ini sangat gila. Saya mengapresiasi cinta dari fans sehingga memilih ke Indonesia,” ujar pemain bernomor punggung 38 ini. 

Dengan bantuan Elkan itu, Timnas Indonesia berhasil lolos ke semifinal Piala AFF 2020 dengan status juara Grup B. Nantinya, skuad Garuda akan berjumpa Singapura di semifinal Piala AFF 2020 pada Rabu 23 Desember 2021. 

Kini, Timnas Indonesia dan jutaan fans skuad Garuda menanti kiprah Elkan selanjutnya untuk membantu mengantarkan Indonesia menjadi juara.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

KAB. TANGERANG
PLN Banten Jaga Keandalan Listrik Selama Raker Kernas 2024 di ICE BSD Tangerang

PLN Banten Jaga Keandalan Listrik Selama Raker Kernas 2024 di ICE BSD Tangerang

Kamis, 25 April 2024 | 09:19

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten memastikan keandalan listrik selama pembukaan Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Raker Kesnas) di Indonesia Convention and Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD),

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

AYO! TANGERANG CERDAS
Universitas Atma Jaya BSD Serpong Ditetapkan Jadi Pusat Keunggulan Pendidikan

Universitas Atma Jaya BSD Serpong Ditetapkan Jadi Pusat Keunggulan Pendidikan

Kamis, 25 April 2024 | 07:43

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya kampus BSD Serpong ditetapkan jadi pusat keunggulan pendidikan atau Education Excellence.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill