Connect With Us

Dinsosnakertrans Tangsel Buka Posko untuk Pekerja

Erwin Silitonga | Jumat, 19 Juni 2015 | 14:03

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Tangerang Selatan membuka posko untuk menampung pengaduan para karyawan perusahaan berkaitan dengan pemenuhan hak-hak ketenagakerjaan menjelang Lebaran. (Erwin / TangerangNews)




TANGERANG SELATAN-Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Tangerang Selatan membuka posko untuk menampung pengaduan para karyawan perusahaan berkaitan dengan pemenuhan hak-hak ketenagakerjaan menjelang Lebaran.

"Posko akan kami buat Satu Minggu sebelum lebaran. Tujuannya untuk menangani pengaduan dari pekerja menjelang lebaran ini," kata Agustin mediator hubungan industrial Dinsosnakertrans Tangsel kepada wartawan diruang kerja, Jumat (19/6/2015)

Menurut Agustin, aduan-aduan yang ditampung nantinya dari para karyawan perusahaan, merupakan menyangkut ketenagakerjaan yang umum, seperti pembayaran upah, pemutusan hubungan kerja (PHK), dan jaminan kesehatan. Ia mengakui kemungkinan adanya permasalahan dialami karyawan dalam pemenuhan hak-hak ketenagakerjaannya memang besar menjelang Lebaran, termasuk berkaitan dengan pemberian tunjangan hari raya (THR).

"Karena itu, kami buka posko pengaduan ini untuk menampung aduan-aduan dari para tenaga kerja. Kami akan melayani pengaduan sampai H-1 (satu hari sebelum Lebaran, red.), jika ada aduan yang masuk tetap diterima," tegasnya.

Sementara Kabid Penetapan Tenaga Kerja,  Dinsosnakertrans Kota Tangsel Suyatman Ahmad mencontohkan,  kasus pekerja yang di-PHK perusahaannya beberapa waktu sebelum Lebaran, sementara perusahaan pada momentum Lebaran berkewajiban memberikan THR kepada para karyawannya sesuai aturan.

Sesuai aturan,  besaran THR keagamaan pada momentum Lebaran yang harus dibayarkan perusahaan kepada karyawannya yang sudah bekerja di atas satu tahun secara terus menerus adalah satu kali gaji pokok.

Meski demikian, kata dia, para pekerja dengan lama kerja di atas tiga bulan hingga satu tahun tetap berhak mendapatkan THR keagamaan dari perusahaan tempatnya bekerja, tetapi dengan besaran yang proporsional.

"Kalau karyawan sudah di-PHK sebelum Lebaran dalam waktu satu bulan sebelum hari raya tetap berhak mendapatkan THR sebesar satu kali gaji. Haknya harus terpenuhi," pungkasnya.

Oleh karena itulah, Dinsosnakertrans Tangsel mendirikan posko pengaduan itu untuk menampung berbagai permasalahan menimpa para tenaga kerja menjelang Lebaran, berkaitan dengan pemenuhan hak-haknya. Diakuinya, pada tahun 2014 lalu, ada dua pengaduan yang diterima masalah THR yang tidak diberikan perusahaan.

"Ya, mudah-mudahan tahun ini lancar.Dan tidak ada lagi pengaduan masalah THR di tahun ini," tandasnya.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill