Connect With Us

Dana Hibah di Tangsel mendadak naik drastis

Denny Bagus Irawan | Selasa, 29 September 2015 | 14:14

| Dibaca : 1248

Ilustrasi Uang Hasil Korupsi (Dira Derby / TangerangNews)

 

TANGERANG SELATAN-Dana untuk belanja hibah di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mendadak naik drastis pada tahun 2015 ini dari Rp29,5 miliar menjadi Rp105 miliar. Hal itu dinilai Suhendar pengamat politik di Tangsel yang juga dosen di salah satu perguruan swasta di Tangsel menduga sebagai bagian dari langkah persiapan untuk Pilkada incumbent.

"Pemberian hibah tidak taat pada asas pengelolaan keuangan daerah, yaitu tidak transparan, berupa pencantuman nama penerima, alamat penerima dan besarannya," kata Suhendar yang juga Koordinator TRUTH Tangsel, Selasa (29/09).

Menurut dia, pada APBD murni saja yang sebesar ± Rp29 miliar Pemkot Tangsel tidak mempublikasikannya kepada masyarakat.

Padahal berdasarkan ketentuan yang berlaku seharusnya Peraturan Wali Kota yang memuat pencantuman nama penerima dan alamat.  "Artinya, dengan sikap tertutup ini, maka potensi penyalahgunaan dana hibah sangat besar,” katanya.

Dia menilai, pola lama masih dipertontonkan dengan membagi-bagikan dana hibah yang berasal dari APBD kepada masyarakat, namun di design sedemikian rupa sehingga seolah-olah, masyarakat yang mendapat dana hibah ini adalah atas kemurahan hati Airin-Benyamin.

“Padahal dana ini bersumber dari uang masyarakat juga, bukan kantong pribadi pertahana,” katanya.

Suhendar juga berani menyampaikan bahwa kenaikan dana hibah ini bertentangan dengan UU No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Surat Edaran Kemendagri No.900/4627/SJ yang keduanya berintikan bahwa belanja hibah dianggarkan setelah memperioritaskan pemenuhan belanja urusan wajib dan urusan pemerintahan pilihan. “Ada kemungkinan juga sengaja tertutup karena berpotensi bisa disalah gunakan penyalurannya,” kata Suhendar.

 

AYO! TANGERANG CERDAS
UMN Latih Personel Korem 052/Wijayakrama Microsoft 

UMN Latih Personel Korem 052/Wijayakrama Microsoft 

Selasa, 8 Juni 2021 | 18:50

TANGERANGNEWS.com-Universitas Multimedia Nusantara (UMN) melatih 40 prajurit Komando Rayon Militer (Korem) 052/Wijayakrama dan jajaran pengolahan administrasi dan pangkalan data (database) menggunakan Microsoft Access

WISATA
Yuk, Nostalgia 5 Jajanan SD Paling Melegenda di Tangerang

Yuk, Nostalgia 5 Jajanan SD Paling Melegenda di Tangerang

Kamis, 22 Juli 2021 | 16:34

TANGERANGNEWS.com-Anak-anak jaman sekarang mungkin sudah tidak mengenal lagi jajanan jaman dulu yang sangat terkenal. Jajanan ketika masih SD yang menarik perhatian untuk dicoba dan tentunya harga yang pas di kantong

BISNIS
Rekomendasi Kartu Kredit Bunga Rendah untuk Ibu Rumah Tangga

Rekomendasi Kartu Kredit Bunga Rendah untuk Ibu Rumah Tangga

Selasa, 13 Juli 2021 | 17:20

TANGERANGNEWS.com-Pengeluaran sedang membengkak ketika pandemi? Menggunakan kartu kredit bunga rendah mungkin bisa membantu Anda untuk menekan pengeluaran rumah tangga

KAB. TANGERANG
Bocah Tenggelam di Danau Bekas Galian Pasir Cikupa Tangerang Akhirnya Ditemukan

Bocah Tenggelam di Danau Bekas Galian Pasir Cikupa Tangerang Akhirnya Ditemukan

Jumat, 30 Juli 2021 | 17:02

TANGERANGNEWS.com–Seorang bocah yang tenggelam di danau eks galian pasir, Cikupa, Kabupaten Tangerang bernama Dika, 13, akhirnya ditemukan tim SAR gabungan dalam keadaan meninggal dunia

"Jangan tertipu oleh orang yang membaca Al Quran. Tapi lihatlah kepada mereka orang yang perilakunya senantiasa sesuai dengan Al Quran"

Umar bin Khattab