Connect With Us

Dana Hibah di Tangsel mendadak naik drastis

Denny Bagus Irawan | Selasa, 29 September 2015 | 14:14

Ilustrasi Uang Hasil Korupsi (Dira Derby / TangerangNews)

 

TANGERANG SELATAN-Dana untuk belanja hibah di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mendadak naik drastis pada tahun 2015 ini dari Rp29,5 miliar menjadi Rp105 miliar. Hal itu dinilai Suhendar pengamat politik di Tangsel yang juga dosen di salah satu perguruan swasta di Tangsel menduga sebagai bagian dari langkah persiapan untuk Pilkada incumbent.

"Pemberian hibah tidak taat pada asas pengelolaan keuangan daerah, yaitu tidak transparan, berupa pencantuman nama penerima, alamat penerima dan besarannya," kata Suhendar yang juga Koordinator TRUTH Tangsel, Selasa (29/09).

Menurut dia, pada APBD murni saja yang sebesar ± Rp29 miliar Pemkot Tangsel tidak mempublikasikannya kepada masyarakat.

Padahal berdasarkan ketentuan yang berlaku seharusnya Peraturan Wali Kota yang memuat pencantuman nama penerima dan alamat.  "Artinya, dengan sikap tertutup ini, maka potensi penyalahgunaan dana hibah sangat besar,” katanya.

Dia menilai, pola lama masih dipertontonkan dengan membagi-bagikan dana hibah yang berasal dari APBD kepada masyarakat, namun di design sedemikian rupa sehingga seolah-olah, masyarakat yang mendapat dana hibah ini adalah atas kemurahan hati Airin-Benyamin.

“Padahal dana ini bersumber dari uang masyarakat juga, bukan kantong pribadi pertahana,” katanya.

Suhendar juga berani menyampaikan bahwa kenaikan dana hibah ini bertentangan dengan UU No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Surat Edaran Kemendagri No.900/4627/SJ yang keduanya berintikan bahwa belanja hibah dianggarkan setelah memperioritaskan pemenuhan belanja urusan wajib dan urusan pemerintahan pilihan. “Ada kemungkinan juga sengaja tertutup karena berpotensi bisa disalah gunakan penyalurannya,” kata Suhendar.

 

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill