Connect With Us

Kemendag Minta Bantuan BSD untuk revitalisasi Pasar Tradisional

Denny Bagus Irawan | Minggu, 7 Agustus 2016 | 10:00

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, Airin dan Dhony Rahajoe. (@TangerangNews.com 2016 / Raden Bagus Irawan)

TANGERANGNews.com-Kementerian Perdagangan akan bekerjasama dengan pihak pengembang Sinar Mas Land sebagai pengelola pasar modern di BSD, Serpoong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Kerjasama itu meliputi bantuan design engineering detail (DED) untuk beberapa tipe pasar tradisional.  Hal itu dikatakan Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita,  saat ditemui Minggu (7/8/2016) pagi.


“Kami menjadikan pasar tradisional yang modern dan bersih ini (Pasar BSD) sebagai benchmark, saya sudah minta bantuan kepada BSD untuk membantu kami, mereka akan menyerahkan DED dengan beberapa tipe untuk pasar tradisional,” ujar Enggartiasto.


Nantinya, pasar tradisional yang mendapat suntikan dari anggaran Negara. Setiap perkembangan yang menjadi masukan bagi Enggartiasto atas kondisi tipe-tipe pasar tradisional untuk dilakukan revitalisasi. “Mereka (Sinar Mas Land) akan mengirimkan segera DED-nya kepada kami,” ujarnya.


Sementara itu, terkait sejumlah harga di pasar tradisional yang belum juga mengalami penurunan, Enggartiasto mengakuinya. “Memang ada harga sembako yang kondisinya belum turun, sekarang kita akan lihat konstrukturnya dari semua, ini harus dilihat mata rantainya. Apa yang membuat biaya ekonomi tinggi, siapa yang mengambil keuntungan berlebih, “ tuturnya.

Namun, Enggartiasto enggan menyebutkan sembako yang belum turun itu. Pihaknya akan menelusuri itu, seraya tetap mencoba menyeimbangkan pasokan agar harga menjadi stabil. “Kalau sudah ketemu mereka yang mengambil untung berlebih, kami akan ajak bicara. Jika tetap nakal kita cabut izin, memang ini tidak mudah karena itu ada mata rantai, kita arahkan mereka untuk tidak mengambil keuntungan terlalu berlebih,” katanya.


Enggartiasto juga menyampaikan, Kemendag akan memprioritaskan barang lokal, meski diakuinya Kemendag tidak anti barang impor. Karena ketersediaan barang dalam negeri memang belum mampu memenuhi pasar. Hanya  saja  harus ada road map-nya agar bisa mandiri.
Misalnya, kata dia, masalah ada pada pejagalan,  pihaknya akan melihat seluruh biaya. Kalau pengusaha pejagalan berlebihan meraup untung,  mereka sendiri yang akan terganggu.

“Karena siap-siap saja kalau kita yang gelontorkan. Kalau nekat, kita cabut izinnya. Jangan susah susah amat. Kalau mereka enggak sanggup banyak yang siap,” ujarnya.  

Sementara itu, Airin Rachmi Diany Wali Kota Tangsel mengatakan, pihaknya tidak mungkin menggunakan DED yang digunakan di pasar modern BSD untuk pasar Ciputat.

“Karena, berbeda dengan BSD, pasar Ciputat tidak mungkin satu lantai,” ujarnya.  

Pasar Ciputat, menurut Airin, ada 1.200 pedagang, yang dibutuhkan saat ini oleh pasar Ciputat adalah perluasan lahan . “Kita sudah minta ke Kabupaten Tangerang jangan sampai pada saat pembebasan lahan,  kita membeli aset yang sudah milik kita setelah diserahkan kabupaten,” jelasnya.

Airin juga mengungkapnya bahwa Pasar Ciputat sudah memiliki DED sendiri untuk direvitalisasi. Tinggal menunggu anggarannya, apakah nanti menggunakan APBD, APBN atau menggunakan anggaran dari swasta.
“Sambil menunggu arahan pusat, kita terus melakukan revitalisasi. Nanti aka nada taman dan dua setengah lantainya sehingga PKL tidak lagi berada di badan jalan,” tuturnya.

Managing Director President Office Sinar Mas Land, Dhony Rahajoe mengatakan, pihaknya memang diminta oleh Kemendag untuk memberikan masukan tidak hanya seputar DED, tetapi juga seputar standar operasional prosedur (SOP). “Kita diminta Pak Menteri untuk memberikan masukan, karena kita (Pasar Modern BSD) menjadi acuan bagi pemerintah, kita akan coba. Karena setiap pasar berbeda-beda kebutuhannya, minggu depan kita akan menyelesaikannya,” ujarnya.
 

 

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

KAB. TANGERANG
PLN Banten Jaga Keandalan Listrik Selama Raker Kernas 2024 di ICE BSD Tangerang

PLN Banten Jaga Keandalan Listrik Selama Raker Kernas 2024 di ICE BSD Tangerang

Kamis, 25 April 2024 | 09:19

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten memastikan keandalan listrik selama pembukaan Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Raker Kesnas) di Indonesia Convention and Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD),

BANTEN
PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

Selasa, 23 April 2024 | 11:21

Sebanyak 1.200 transaksi terjadi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024, terhitung mulai 3 hingga 19 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill