Connect With Us

45 Pencalang Amankan Nyepi di Tangsel

Yudi Adiyatna | Senin, 27 Maret 2017 | 18:00

Umat hindu mengadakan kegiatan Melasti sebelum memperingatan Hari Raya Nyepi yang jatuh Pada Hari Selasa, 28 Maret 2017 di Pura Parahyangan Jagat Guru, BSD Serpong - Tangsel, Senin (27/03/2017). (@TangerangNews.com 2017 / Yudi Adiyatna)

TANGERANGNEWS.com-Peringatan Hari Raya Nyepi yang dirayakan setiap tahun Baru Saka yang bertepatan jatuh pada Hari Selasa, 28 Maret 2017, berbeda dengan Perayaan Hari Besar Keagamaan lain yang dirayakan dengan meriah perayaan Nyepi justru dilakukan dengan menyepikan diri dari aktivitas.

Dewa Sanjaya, Katua Bamus Banjar Tangsel yang ditemui  TangerangNews.com di Pura Parahyangan Jagat Guru, BSD Serpong , Tangsel menerangkan,  tujuan utama Hari Raya Nyepi sebagai bentuk penyucian diri dan pertanggung jawaban kepada yang Maha Kuasa dalam menyambut datangnya Tahun Baru Saka.

Dewa  menambahkan, peringatan Nyepi sendiri terdiri dari beberapa rangkaian acara keagamaan. "Kemarin kami sudah melaksanakan Melasti, yakni upacara pembersihan diri dan sarana prasarana sembahyang yang ada di pura untuk di arak ke laut, itu kami lakukan di Pantai Tanjung Pasir Tangerang, hari ini kami melakukan Tawur Agung yang dipusatkan se Provinsi Banten di Pura Eka Ananta Serang," katanya.

 

Kegiatan yang dilakukan antara lain Pembersihan buana agung dan juga pawai Budaya pawai Ogoh-ogoh yang dihadiri pejabat Pemprov, Kanwil Kemenag, Dinas Pariwisata, MUI, FKUB, masyarakat hindu.

 

"Ada sekitar 3000 orang se-Banten umat Hindu yang hadir. Dan besok adalah puncak perayaan Nyepi semenjak pagi. Kami menyepikan diri di rumah masing-masing dari segala aktivitas keduniawian dan melaksanakan lima tapa brata penyepian," tuntasnya.

 

Total di Tangsel saat ini kami ada 45 orang pecalang yang ikut mengamankan perayaan Nyepi yang diikuti kurang lebih 750 Kepala Keluarga  Umat Hindu se Tangsel.

KOTA TANGERANG
Kumuh dan Bikin Macet, Pasar Sipon Kota Tangerang Bakal Segera Ditata

Kumuh dan Bikin Macet, Pasar Sipon Kota Tangerang Bakal Segera Ditata

Jumat, 19 April 2024 | 09:51

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang berencana melakukan penataan terhadap Pasar Sipon, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill