Connect With Us

Wali Kota Tangsel Raih Penghargaan Kepala Daerah Inovatif

Advertorial | Rabu, 2 Agustus 2017 | 15:00

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany saat menerima Penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2017 dari Mendagri Tjahjo Kumolo, Selasa (1/8/2017). (@TangerangNews2017 / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Kebijakan-kebijakan atau diskresi yang dilakukan oleh kepala daerah, kerap berujung pada perkara pidana. Hal inilah yang akhirnya menimbulkan ketakutan pada sebagian kepala daerah dan mengakibatkan kurangnya inovasi-inovasi baru yang dilakukan oleh kepala daerah dan minimnya penyerapan anggaran. 

Meski demikian, hal tesebut tidak menjadi hambatan bagi Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany untuk terus melakukan berbagai inovasi guna memajukan daerah yang dipimpinnya.

Akhirnya kerja kerasnya membuahkan hasil, Airin mendapatkan Penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2017 berkat inovasi-inovasi yang diterapkan pada daerahnya.

"Tentunya kami berterima kasih atas penghargaan ini dan menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan pelayanan lebih baik lagi. Bagaimana kami meningkatkan inovasi, menggunakan teknologi untuk meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat," ujar Airin usai menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Cahyo Kumolo, di Hotel Westin Jakarta, Selasa (1/8/2017) malam.

Airin dinilai inovatif berkat melakukan optimalisasi pelayanan masyarakat dengan meluncurkan aplikasi Sistem Pelaporan dan Penugasan Tangerang Selatan yang disebut “Siaran Tangsel”.

Aplikasi pengaduan resmi secara online ini mampu mengakomodasi berbagai keluhan masyarakat mulai dari masalah banjir, pedagang kaki lima, hingga jalan rusak. Aplikasi berbasis Android ini pun rupanya bisa mudah didapatkan dengan mengunduh melalui Google Play Store.

Menurut Airin, melalui “Siaran Tangsel”, Pemkot Tangsel mampu untuk mendapatkan informasi  “tangan pertama” dan untuk selanjutnya laporan maupun masukan yang diterima akan segera ditindaklanjuti oleh SKPD-SKPD terkait.

Aplikasi ini pun memiliki dua manfaat, yakni memangkas waktu, artinya mekanisme pelaporan dan penugasan menjadi lebih singkat, serta memangkas jarak, artinya masyarakat memiliki akses langsung untuk berinteraksi dengan pihak Pemerintah Kota, tanpa harus melakukan mobilisasi secara fisik.

“Dari aplikasi tersebut, saya pun bisa melihat sudah sejauh mana tindaklanjut laporan dari masyarakat. Jadi, memudahkan saya melakukan monitoring,” kata Airin.

Airin mengungkapkan, dengan diraihnya penghargaan ini, tentunya memotivasi dirinya untuk bekerja lebih giat lagi  untuk memajukan daerah yang dipimpinnya.

Selain itu juga memberikan pelayanan yang lebih baik lagi, dengan meningkatkan inovasi dan menggunakan teknologi untuk meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat, sehingga sesuai visi misi Tangsel 2016-2021.

"Maka daerah pemekaran Kabupaten Tangerang itu harus menjadi kota cerdas, berkualitas berbasis teknologi informasi," katanya.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri, Cahyo Kumolo menyebutkan bahwa inovasi yang dilakukan oleh kepala daerah merupakan salah satu kunci suksesnya pembangunan di daerah. Tanpa adanya inovasi di daerah, pembangunan hanya akan berjalan di tempat.

“Dengan inovasi maka kepala daerah juga mampu menggerakkan dan mengorganisir masyarakatnya. Di sisi lain inovasi akan membuat penyerapan anggaran di daerah tidak saja untuk pos-pos rutin semata, sehingga fokus dalam hal inovasi saya kira sangat penting. Jangan sampai penyerapan anggarannya bagus hanya untuk program rutin dan tidak ada inovasi. Nantinya manfaatnya anggaran tidak akan dirasakan oleh masyarakat,” jelasnya.(ADV)

SPORT
Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:31

Pekan ke-30 BRI Liga 1 musim 2023/2024 akan menyajikan pertandingan antara dua tim yang sama-sama bermarkas di Tangerang, yakni Persita melawan Dewa United.

TANGSEL
Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:36

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Banten 2026 mendatang akan diselenggarakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

NASIONAL
Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:26

Kementerian Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) kembali membuka Rekrutmen Bersama BUMN 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill