Connect With Us

Tangsel Gelar Simulasi Penanggulangan Pandemi Influenza

Yudi Adiyatna | Selasa, 19 September 2017 | 14:00

| Dibaca : 1202

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi bersama Mentri Kesehatan Nila F Moloek dan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy saat memantau Simulasi penanggulangan episenter pandemi influenza, Selasa (19/9/2017), di Puspiptek, Tangsel. (@TangerangNews2017 / Yudi Adiyatna)

TANGERANGNEWS.com-Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) bekerjasama dengan Pemprov Banten dan Pemkot Tangsel mengadakan kegiatan simulasi penanggulangan episenter pandemi influenza, Selasa (19/9/2017), di Graha Widya Bakti, Puspiptek, Tangsel.

Simulai yang dilakukan mulai dari hari ini 19 September sampai 20 September 2017 ini diresmikan langsung oleh Menkes Nila F Moeloek, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, serta Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany. BACA JUGA : Tarif Tak Tentu, Airin Didesak Pihak RS Swasta Buat Perda Ambulans Gratis

AIRIN

Tampak Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany bersama Menkes saat mengunjungi Rumah Sakit Lapangan dalam kegiatan simulasi penanggulangan Influenza.

Simulasi tersebut dimaksudkan guna meningkatkan kewaspadaan dan merespon dengan cepat penanganan penularan penyakit influenza.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai upaya bersama menghadapi pandemi influenz, diharapkan kegiatan ini dapat semakin mampu menurunkan faktor resiko yang dihadapi, kewaspadaan, deteksi dini dan melatih respon kita dalam mempersiapkan diri," dalam ungkap Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany dalam sambutannya.

Airin menambahkan, simulasi ini sekaligus sebagai penguji kesiapan Pemerintah Tangsel dalam menghadapi bencana non alam atau penyakit.

"Dalam kegiatan ini, kami dapat menguji kesiapan berbagai sumberdaya yang ada di Tangsel dalam menghadapi bencana non alam atau bersifat penyakit yang akan berdampak luas bila antisipasinya tidak efektif dan efisien dilakukan," ungkapnya.

Wilayah Tangsel sendiri terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan Simulasi dikarenakan pernah terjadi pada tahun 2005  penyebaran penyakit flu burung di daerah ini.

Ada beberapa lokasi yang telah dipilih sebagai tempat penyelenggaraan simulasi di Tangsel antara lain, Kelurahan Setu, Puskesmas Setu, Pasar BSD, RS Eka hingga kawasan Puspitek dan BATAN. BACA JUGA : Warga Tangsel, Ayo Hadiri Perayaan Peringatan Hari Koperasi 2017

Menurut Airin, simulasi ini juga mendapatkan dukungan penuh dari World Health Organization (WHO) dan akan menjadi dasar pembentukan Standar Operasional Protocol (SOP) saat menangani penyakit influenza.

"Di simulasi ini, yang terkena virus nantinya akan diseterilkan, tidak boleh kemana-mana, makanya ini (Rumah Sakit Lapangan) disiapkan bagi mereka. Ini merupakan simulasi yang nanti menjadi SOP dari WHO," jelasnya.(RAZ)

MANCANEGARA
Lagi Berhubungan Intim, Gadis 15 Tahun Tiba-tiba tewas

Lagi Berhubungan Intim, Gadis 15 Tahun Tiba-tiba tewas

Rabu, 4 Agustus 2021 | 11:03

TANGERANGNEWS.com-Gabrielly Dickson, gadis remaja berusia 15 tahun di Brazil tewas saat sedang berhubungan seks dengan seorang pria 26 tahun. Wanita asal Sao Paulo ini, ketika itu melakukan hubungan intim

BANDARA
Bandara Soekarno-Hatta Musnahkan 9.984 Butir Ekstasi

Bandara Soekarno-Hatta Musnahkan 9.984 Butir Ekstasi

Selasa, 3 Agustus 2021 | 17:30

TANGERANGNEWS.com-Satresnarkoba Polresta Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang menghancurkan ribuan butir barang bukti narkotika dari luar negeri.

OPINI
Isoman di Rumah, Jangan Lupa Rutin Cek Saturasi Oksigen

Isoman di Rumah, Jangan Lupa Rutin Cek Saturasi Oksigen

Senin, 26 Juli 2021 | 13:30

Oleh: Wulan Suci, Mahasiswi London School of Public Relation

WISATA
Yuk, Nostalgia 5 Jajanan SD Paling Melegenda di Tangerang

Yuk, Nostalgia 5 Jajanan SD Paling Melegenda di Tangerang

Kamis, 22 Juli 2021 | 16:34

TANGERANGNEWS.com-Anak-anak jaman sekarang mungkin sudah tidak mengenal lagi jajanan jaman dulu yang sangat terkenal. Jajanan ketika masih SD yang menarik perhatian untuk dicoba dan tentunya harga yang pas di kantong

"Jangan tertipu oleh orang yang membaca Al Quran. Tapi lihatlah kepada mereka orang yang perilakunya senantiasa sesuai dengan Al Quran"

Umar bin Khattab